Advertisement

Wow, Lebih dari 1 Kilogram Sabu-Sabu Dimusnahkan BNNP DIY

Irwan A Syambudi
Rabu, 15 Agustus 2018 - 11:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Wow, Lebih dari 1 Kilogram Sabu-Sabu Dimusnahkan BNNP DIY Kepala BNNP DIY Brigjen Pol Tri Warno Atmojo (empat kiri) membawa barang bukti sabu yang hendak dimusnahkan di Kantor BNNP DIY, Rabu (15/8/2018). - Harian Jogja/Irwan A. Syambudi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DIY melakukan pemusnahan barang bukti narkotika jenis sabu-sabu. Lebih dari 1 kilogram sabu-sabu dimusnahkan dengan cara dilarutkan.

Kepala BNNP DIY, Brigjen Pol Tri Warno Atmojo mengatakan, pemusnahan barang bukti ini merupakan hasil dari pengungkapan kasus penyelendupan sabu di Bandara Internasional Adisutjipto pada Minggu (22/7/2018) lalu. Sesuai undang-undang, barang bukti yang telah disita harus segera dimusnahkan.

Advertisement

"Total barang bukti ada 1.108 gram. Yang kami musnahkan 1.098 gram. Kami sisakan 10 gram untuk pembuktian di kejaksaan," kata dia, Rabu (15/8/2018)

Barang bukti sabu-sabu lebih dari satu kilogram itu dimasukkan dalam ember dicampur air panas lalu diaduk-aduk supaya larut. Setelah larut cairan bercampur sabu-sabu itu kemudian dibuang di saluran pembuangan.

Sementara itu, plastik pembungkus yang digunakan untuk membungkus sabu-sabu dibakar agar tidak ada lagi sabu-sabu yang tersisa. Pemusnahan tersebut dilakukan langsung oleh Kepala BNNP DIY disaksikan, Direktur Direktorat Reserse Narkoba DIY, Perwakilan Kejaksaan Tinggi Negeri, dan perwakilan Bea dan Cukai DIY.

Sebelumnya diberitakan kasus penyelundupan sabu-sabu terungkap di Bandara Internasional Adisutjipto oleh petugas Bea dan Cukai DIY.

Direktur Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai, Bahaduri Wijayanta Bekti Mukarta mengatakan penggagalan penyelundupan sabu-sabu ini bermula dari kecurigaan petugas terhadap seorang wanita asal Thailand berinisial SAA. Gerak-gerik wanita berusia 30 tahun yang mengunakan penerbangan pesawat Slik Air tujuan Singapura-Jogja ini dinilai mencurigakan. Hingga akhirnya dilakukan pemeriksaan saat tiba di bandara

"Hasil analisa menggunakan x-rai, kami berhasil melakukan penindakan dan ditemukan barang jenis sabu-sabu seberat 1,108 kg," kata dia beberapa waktu lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Diserang Israel, Iran Sebut Fasilitas Nuklir Aman dan Siap Membalas dengan Rudal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement