Advertisement

388 Peserta Ikuti Tes Magister di UIN Suka

Laila Rochmatin
Sabtu, 18 Agustus 2018 - 11:10 WIB
Laila Rochmatin
388 Peserta Ikuti Tes Magister di UIN Suka Ilustrasi wisuda mahasiswa. (Reuters - Fabian Bimmer)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA -- UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menyelanggarakan tes seleksi masuk mahasiswa baru program magister dan doktor. Ada 388 peserta yang mendaftar magister dan 19 peserta di program doktor pada gelombang kedua semester ganjil ini. Ada 180 pendaftar magister yang ikut jalur tes tulis pada Selasa (7/8/2018) di Fakultas Sains dan Teknologi.

Pada awal 2018, UIN Sunan Kalijaga juga membuka pendaftaran untuk progam magister dari tiga jalur masuk yakni tes tulis, nontes dan portofolio. Untuk magister disediakan 13 prodi dari tujuh fakultas dan pascasarjana. Sementara program doktor ada dua jalur yaitu reguler dan kerja sama, dengan dua program studi.

Advertisement

Ketua Admisi UIN Sunan Kalijaga Ridwan menjelaskan untuk menjadi kampus yang unggul harus dimulai dari memiliki mahasiswa yang berprestasi. “Kami memberi kesempatan jalur nontes bagi fresh graduate untuk menempuh magister yang linier sesuai bidangnya. Sistem ini berlaku bagi mereka dari perguruan tinggi terakreditasi B dengan IPK miniaml 3,51,” kata Ridwan, Jumat (17/8/2018).

Ridwan menambahkan bagi mereka yang mendaftar program doktor bisa juga melalui beasiswa dari pemerintah. Karena UIN Sunan Kalijaga termasuk perguruan tinggi negeri tujuan beasiswa untuk 5.000 doktor dari Kementerian Agama.

“Tentunya proses pendaftaran dari pusat dan tes wawancara bisa dilaksanakan di kampus tujuan calon doktor,” ucap Ridwan.

Program studi magister yang ada di UIN Sunan Kalijaga di antaranya Interdisciplinary Islamic Studies, Hukum Islam, Agama dan Filsafat Islam, Bahasa dan Sastra Arab, Sejarah dan Kebudayaan Islam, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan Bahasa Arab, Manajemen Pendidikan Islam, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Ekonomi Syariah serta Informatika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lewati Sepekan, Total Gempa Susulan di Bawean Capai 383 Kali

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 18:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement