Advertisement

Museum Jenderal Sudirman Bakal Ditambah Koleksi dari Belanda

Irwan A Syambudi
Jum'at, 21 September 2018 - 11:17 WIB
Nina Atmasari
Museum Jenderal Sudirman Bakal Ditambah Koleksi dari Belanda Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan ziarah di Taman Makam Pahlawan Kusumanegara, Kota Jogja, Kamis (20/9/2018). - Harian Jogja/Irwan A. Syambudi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Renovasi Museum Panglima Jenderal Besar Sudirman bakal dilakukan. Sejumlah koleksi juga bakal ditambah dengan mendatangkan benda-benda yang masih ada di Belanda.

Advertisement

Hal ini diungkapkan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto usai melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kusumanegara, Kota Jogja, Kamis (20/09/2018). Dia menyampaikan proses renovasi museum Panglima Besar Jenderal Sudirman bakal segera dilakukan.

"Kita secara runut akan menambahkan koleksi-koleksi yang saat ini juga ada di pihak pemerintah Belanda. Kita akan lengkapi," katanya.

Renovasi museum ini menurutnya penting. Pasalnya setiap tahun seluruh Taruna Akademi TNI melaksanakan kunjungan ke Musium Panglima Besar Jenderal Sudirman di Jalan Bintaran, Kota Jogja. Setelah kunjungan itu, Taruna Akademi TNI melakukan perjalanan napak tilas rute gerilya Panglima Besar Jenderal Sudirman.

"Saya nilai ini sangat tepat apabila kita perbaiki musium tersebut dan kita tata internalnya," tegasnya.

Hal ini menurutnya agar para Taruna Akademi TNI yang berkunjung ke musium, langsung mengetahui tentang bagaimana perjuangan Panglima Besar Jendral Sudirman. Termasuk mengetahui gambaran Panglima Besar Jendral Sudirman melakukan girilaya.

Dalam kesempatan tersebut Panglima TNI melakukan kunjungan di Museum Panglima Besar Jenderal Sudirman setelah sebelumnya melakukan ziarah di Taman Makam Pahlawan Kusumanegara.

Panglima Hadi datang didampingi para kepala staf bersama rombongan pejabat TNI langsung meninjau museum. Mendampingi Marsekal Hadi di antaranya adalah KSAD Jenderal Mulyono, KSAU Marsekal Yuyu Sutisna, KSAL Laksamana Siwi Sukma Aji, serta Kapolda DIY Brigjen Pol Ahmad Dofiri.

Ziarah dan kunjungan ini adalah dalam rangka menyambut HUT ke-73 TNI. "Ini adalah dalam rangka rangkaian kegiatan memperingati hari ulang tahun TNI ke-73, dan bagian dari kegiatan ini kita laksanakan mulai dari makam proklamator Bapak Insinyur Soekarno di Blitar," katanya

Selain berziarah ke makam Soekarno mereka juga berziarah ke Makam Presiden keempat RI KH Andurrahman Wahid di Jombang. Lalu, dia juga berziarah ke Makam presiden kedua RI Jenderal Besar Soeharto di Karanganyar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Ada Kabel Semerawut, ORI DIY: Laporkan!

Ada Kabel Semerawut, ORI DIY: Laporkan!

Jogjapolitan | 10 hours ago

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jadi Markas Pungli Pegawai KPK, 2 Rutan Ditutup

News
| Jum'at, 26 April 2024, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement