HARI KESAKTIAN PANCASILA: Pemuda Gunungkidul Diminta Kembali Mengingat Jasa Pahlawan

Upacara bendera memperingati Hari Kesaktian Pancasila di Alun-Alun Wonosari, Senin (1/10/2018).Harian Jogja - Herlambang Jati Kusumo
01 Oktober 2018 20:20 WIB Herlambang Jati Kusumo Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--Anak muda di Gunungkidul diajak mengingat sejarah perjuangan para pahlawan di hari peringatan Kesaktian Pancasila, Senin (1/10/2018).

Komandan Kodim 0730 Gunungkidul Letkol Inf Muh. Taufik Hanif mengungkapkan generasi muda perlu mengetahui perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan keutuhan bangsa dan Pancasila.

"Generasi muda harus tahu belajar sejarah bagaimana kejamnya PKI saat itu. Jangan sampai ada yang memutar balikkan sejarah itu dan masuk pada generasi muda, harus diwaspadai," ujar Taufik, Senin.

Taufik juga menekankan pentingnya pelajaran tentang Pancasila, karena dinilainya saat ini pendidikan-pendidikan tersebut semakin berkurang.

Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi mengungkapkan peringatan hari Kesaktian Pancasila tersebut sangat penting terutama bagi generasi muda. "Peringatan ini penting [kesaktian Pancasil] namun dalam perayaan saya rasa masih terlalu biasa, seharusnya semua masyarakat lebih peduli tentang sejarah ini," katanya.