Advertisement

Jogja Bay Waterpark Hadirkan Museum Air Water for Life

Yudhi Kusdiyanto
Selasa, 09 Oktober 2018 - 20:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Jogja Bay Waterpark Hadirkan Museum Air Water for Life Suasana Jogja Bay Waterpark terlihat dari ketinggian.JIBI/Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Mulai Sabtu (13/10/2018), Jogja Bay Waterpark bakal memiliki Museum Air Water for Life. Museum edutainment terapan ini akan menjadi satu-satunya edutainment centre yang mengulas tentang pentingnya air bagi kelangsungan hidup di muka Bumi.

Museum yang terletak di sisi utara The Harbour Theater ini dapat menampung 150 orang pengunjung. Namun pengunjung akan dibagi menjadi beberapa kelompok dengan satu tour guide museum yang dapat menjelaskan detail isi dan materi konten museum. Pembagian kloter pengunjung akan dilakukan setiap 25-30 orang untuk memberikan pelayanan dan kenyamanan di dalam area museum secara maksimal.

Advertisement

Pengunjung akan diajak berpetualang mengelilingi museum untuk memahami asal muasal, siklus, konservasi, tata kelola, dan pentingnya unsur air dalam interior dark ride. Dengan suasana laboratorium, pengunjung akan diajak berinteraksi langsung melalui berbagai percobaan atas unsur, sifat, kimia, dan fisika air. Dalam hal ini pengunjung wajib mengenakan atribut laboratorium seperti jas dan kacamata yang telah disediakan.

Museum Air Water for Life memiliki empat zona ruangan terpisah dengan spot edukasi dan visualisasi yang menarik. Empat zona tersebut di antaranya memuat informasi displai, water table interactive, classroom, video mapping, dan virtual reality. Sembilan ruangan tematik akan mengajak pengunjung untuk belajar mengenal tentang air lebih dekat. “Museum ini juga memuat pengetahuan sejarah mengenai Selokan Mataram yang dibangun di masa pendudukan Jepang di Indonesia pada 1942. Selokan Mataram merupakan buah kecerdikan Sri Sultan HB IX dalam menyelamatkan ribuan penduduk dari kekejaman menjadi budak romusha Jepang. Kisah Selokan Mataram ada di Museum Air Water for Life,” kata Public Relation Jogja Bay Waterpark, Medha Zeli Elsita, seperti dalam rilis yang diterima Harian Jogja, Selasa (9/10/2018).

Menurut Medha, pada pekan pertama soft launching, Museum Air Water for Life menggratiskan tiket masuk ke dalam area museum khusus pengunjung Jogja Bay Waterpark. “Promo gratis masuk Museum Air berlangsung 13 sampai 20 Oktober 2018. Mulai 21 Oktober, masuk ke museum air akan dikenakan biaya Rp25.000 per orang,” ujar Medha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement