Ribuan Orang Nonton Kerongcong Plesiran di Tebing Breksi

Penampilan Yk Brass Ensemble ,sebuah komunitas alat musik tiup, saat mengisi acara Keroncong Plesiran di Tebing Breksi, Jumat (19/10/2018). - Harian Jogja/Yogi Anugrah
20 Oktober 2018 17:37 WIB Yogi Anugrah Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN-Dinas Pariwisata DIY bekerja sama dengan Pemkab Sleman dan pengelola Tebing Breksi menggelar acara Keroncong Plesiran di Tebing Breksi, Jumat (19/10/2018). Acara tersebut ditonton ribuan masyarakat dari wilayah DIY.

Acara yang mulai dari jam 19.00 WIB ini dimeriahkan oleh Simphony Kerontjong Moeda, Erick Soekamti, Sruti Respati, Nufi Wardhana, Hifdzi Khoir, Mukti Entut, Bagus Guyon Waton, Om Wawes, Doyok, Jaipong, YK Brass, Nanda Chandra, Okky Kumalasari, Pandhu Restu Aji, dan Indah Yulita.

Acara Keroncong Plesiran ini merupakan event kedua kalinya, setelah pertama kali dilaksanakan di Mangunan pada 21 April lalu.

Kepala Seksi Obyek Daya Tarik Wisata DIY, Wardoyo, yang pada acara ini juga tampil menghibur penonton berduet dengan Sruti Respati, mengatakan acara Keroncong Plesiran ini bertujuan untuk membangun promosi, daya tarik, dan kemajuan destinasi wisata yang dipadukan dengan gelaran seni budaya keroncong.

"Event yang pertama di Mangunan, sekarang di Tebing Breksi, selanjutnya akan dilaksanakan destinasi-destinasi wisata lainnya sehingga dapat menjadi daya tarik wisata dan dikenal masyakarat banyak," kata Wardoyo kepada Harianjogja.com, Jumat (19/10/2018).

Ia menambahkan keroncong merupakan musik khas Indonesia sejak zaman dahulu yang keberadaannya sekarang sudah cukup jarang, dengan adanya acara ini juga bisa menggugah semangat generasi muda untuk melestarikan musik keroncong.

"Semoga para generasi muda yang terlibat di dalam seni keroncong, bisa terus berkreatifitas dengan melaksanakan event seperti ini, dan tentunya bisa mendukung destinasi wisata di DIY," ungkapnya.

Arga, salah seorang warga dari Kalasan mengatakan ia sudah kedua kalinya menonton event Keroncong Plesiran ini. "Saya liat posternya di media sosial dan juga gratis, saya langsung kesini," katanya.