AIMI Nilai Kesadaran Ibu Menyusui di Perkotaan Makin Tinggi

Kunjungan AIMI Cabang Yogyakarta ke Griya Harian Jogja, Jogja, Selasa (23/10/2018). - Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah
23 Oktober 2018 18:37 WIB Kusnul Isti Qomah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Cabang Yogyakarta menilai, kesadaran ibu menyusui di perkotaan semakin meningkat. Hal ini seiring dengan makin tingginya kesadaran masyarakat akan manfaat air susu ibu (ASI) bagi anak.

Ketua AIMI Cabang Yogyakarta Nurul Jamilah mengatakan, banyak ibu di perkotaan yang ingin memberikan ASI secara eksklusif. Bahkan, ibu menyusui yang bekerja rajin melakukan pumping untuk stok ASI bagi si kecil ketika ditinggal bekerja.

Namun, di sisi lain masyarakat di perdesaan justru berlomba-lomba memberikan susu formula kepada bayi mereka. Menurutnya hal itu disebabkan kurangnya informasi mengenai ASI dan susu formula. Oleh karena itu, ia bertekad AIMI tidak hanya memberikan edukasi kepada masyarakat perkotaan tetapi juga masyarakat perdesaan mengenai ASI.

"Banyak isu mengenai menyusui. Misalnya ruang pumping bagi ibu menyusui yang bekerja, ruang laktasi dan hal lainny," jelas dia ketika berkunjung ke Griya Harian Jogja, Jogja, Selasa (23/10/2018).

Ia menjelaskan, informasi mengenai menyusui tak melulu untum wanita yang melahirkan. Para wanita juga perlu memiliki pengetahuan mumpuni sebelum menikah, sebelum hamil, maupun setelah melahirkan.

"Selain itu, orang di sekeliling bayi dan ibu menyusui juga perlu memiliki pemahaman tentang menyusui. Misalnya jika si ibu kerja, orang yang akan merawat bayi harus paham bagaimana memberikan ASI yang telah disiapkan tanpa membuat bayi bingung puting," tutur dia.

Salah satu wujud kepedulian pada persoalan menyusui, AIMI Cabang Yogyakarta rutin menggelar kelas edukasi. Dalam waktu dekat, mereka akan menggelar kelas edukasi menyusui 1. Kegiatan itu akan diselenggarakan pada 11 November di Jogja.

Dalam kegiatan itu AIMI Cabang Yogyakarta akan berbagi ilmu mengenai tatalaksana inisiasi menyusui dini yang tepat, manfaat menyusui dan risiko formula, dukungan pemberian ASI dan peraturan perundang-undangan, mengenal anatomi payudara, posisi, dan pelekatan menyusui yang efektif.

"Kami juga akan berbagi mengenai hari-hari pertama kelahiran bayi dan kunci keberhasilan menyusui," jelas dia.