Advertisement

Proyek Underpass Kentungan Antisipasi Cuaca Ekstrem

Sunartono
Kamis, 29 November 2018 - 20:37 WIB
Kusnul Isti Qomah
Proyek Underpass Kentungan Antisipasi Cuaca Ekstrem Ilustrasi underpass - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN - Pelaksana Proyek Underpass Ketungan, Sleman memastikan pembangunan terowongan di ringroad utara itu akan dilakukan Desember 2018. Pelaksana tetap akan menjalankan pembangunan meski memasuki cuaca ekstrem dengan melakukan sejumlah antisipasi.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jembatan Kretek 2 dan Underpass Kentungan Cs Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Muhammad Sidiq Hidayat menjelaskan hingga pekan terakhir bulan Nopember 2018 ini proyek underpass kentungan masih dalam proses lelamg. Tetapi ia meyakini belum ada kemungkinan mundurnya pelaksanaan pembangunan.

Advertisement

"Target kami tetap Desember [2018] ini dibangun," katanya kepada Harianjogja.com, Kamis (29/11/2018).

Ia menambahkan pembangunan underpass itu akan dimulai dari simpang paling tengah. Soale kemungkinan dilakukan setengah jalur atau keseluruhan, hal itu akan menjadi pembahasan teknis di lapangan. Pihaknya sudah mendiskusikan soal rekayasa arus lalu lintas di kawasan itu dengan kepolisian dan Dinas Perhubungan DIY. Beberapa metode rekayasan menurutnya telah disiapkan untuk mengatasi kepadatan.

"Kemacetan juga sudah diantisipasi tetapi dinamis kalau dalam perjalanannya ada suatu rekayasa ya akan kita lakukan [rekayasa] lagi," ujarnya.

Begitu juga dengan jelang cuaca ekstrem yang akan terjadi pada Desember dan awal 2019 mendatang, pihaknya telah menyiapkan sejumlah antisipasi. Antara lain perlunya melakukan kontrol air secara rutin karena pelaksanaan pekerjaan di bawah tanah atau membuat lubang. Kemudian segala pekerjaan terutama berkaitan dengan pengecoran akan memperhitungkan kelembapan udara.

"[Meskipun cuaca ekstrem] Ya tetap harus jalan, nggak tahu gimana caranya," ucapnya.

Sidiq menyatakan terkait pengembangan ke arah underpass simpang empat Gejayan, pihaknya belum mengetahui secara detail karena belum ada informasi dari pusat. Hingga saat ini yang sudah pasti dibangun adalah underpass kentungan meski rencananya nanti akan tersambung ke simpang empat Gejayan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement