Advertisement

KASUS CEBONGAN : Ziarah, Kopassus Doakan Keringanan Hukuman Tersangka

Selasa, 18 Juni 2013 - 19:04 WIB
Maya Herawati
KASUS CEBONGAN : Ziarah, Kopassus Doakan Keringanan Hukuman Tersangka

Advertisement

[caption id="attachment_417154" align="alignleft" width="370"]http://www.harianjogja.com/baca/2013/06/18/kasus-cebongan-ziarah-kopassus-doakan-keringanan-hukuman-tersangka-417153/kopassus-ziarah-antara" rel="attachment wp-att-417154">http://images.harianjogja.com/2013/06/kopassus-Ziarah-antara-370x246.jpg" alt="" width="370" height="246" /> Foto Anggota Kopassus Berziarah ke Makam Jendral Soedirman
JIBI/Harian Jogja/Antara[/caption]

JOGJA-Jajaran grup 2 Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Kandang Menjangan Solo mengunjungi Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara, Selasa sore (18/6/2013). Selain ziarah dalam rangka ruwahan, ini juga dilakukan untuk menunjukkan solidaritas kepada anggota kopassus yang akan menjalani persidangan http://www.harianjogja.com/baca/2013/03/23/lapas-sleman-diserbu-oknum-kopassus-serbu-lapas-4-tahanan-tewas-ditembak-390348" target="_blank">kasus Cebongan.

Advertisement

Ziarah diikuti sekitar 27 anggota Kopasus termasuk Komandan Kopasus Grub 2 dan juga elemen masyarakat lain seperti Paksikaton, Banser, Gafatar, Srikandi Mataram, Forum Jogja Rembug, Sar Menwa, anak serta keluarga almarhum Jenderal Soedirman, dan masyarakat Jogja.

Ziarah diawali dengan baris berbaris, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dan diiringi doa sebelum memasuki area TMP Kusumanegara.

Rombongan Kopasus dan elemen masyarakat lain tersebut bersama-sama menuju kompleks makam Jenderal Soedirman dan kembali memanjatkan doa baik untuk para pejuang maupun untuk anggota kopasus yang akan menjalani persidangan. Sebelum diakhiri dengan tabur bunga.

Komandan Batalion Grub 2 Solo Letkol Muhammad Aidi mengungkapkan ziarah tersebut selain ditujukan dalam rangka ruwahan (tradisi umat Islam menjelang Ramadhan) juga mengenang kembali serta mengenalkan pahlawan kepada anggota kopasus yang masih cukup baru serta untuk solidaritas dan dukungan moril kepada anggota kopasus yang akan menjalani persidangan.

Letkol M. Aidi menegaskan hukuman memang sudah pasti akan diterima para anggota kopasus kasus Cebongan. Hanya saja dengan ziarah ini kopasus memintakan keringanan hukuman.

"Sebagai bentuk solidaritas kami, mereka saja sudah bersolidaritas tinggi masak kami sesama anggota tidak. Kami berdoa agar hukuman mereka diringankan, kalau bebas tidak mungkin," ucap dia kepada wartawan di sela acara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pembangunan Jalan Sumbu Kebangsaan IKN Capai 80 Persen

News
| Sabtu, 27 April 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement