Pilkadus di Bantul, Dana Rp3 Juta Per Dusun Siap Cair

26 September 2013 03:00 WIB Redaksi Solopos Bantul Share :

[caption id="attachment_449289" align="alignleft" width="500"]http://images.harianjogja.com/2013/09/uang-20.jpg">Foto ilustrasi. Pemilihan kepala dusun di Bantul tiap dusun dapat Rp3 juta. (JIBI/Bisnis Indonesia) http://images.harianjogja.com/2013/09/uang-20.jpg" width="500" height="325" /> Foto ilustrasi. Pemilihan kepala dusun di Bantul tiap dusun dapat Rp3 juta. (JIBI/Bisnis Indonesia)[/caption]

Harianjogja.com, Bantul-Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), memastikan bantuan dana stimulan kepada empat pedukuhan di Desa Guwosari yang menggelar pemilihan kepala dusun bisa dicairkan.

"Sekarang tinggal prosesnya (pencairan) dan pihak desa juga sudah tahu, tiap pedukuhan akan mendapat stimulan sebesar Rp3 juta," kata Kepala Bagian Pemerintahan Desa (Pemdes) Bantul Sigit Widodo, Rabu (25/9/2013).

Empat pedukuhan di Desa Guwosari yakni Dusun Watu Gedug, Gandekan, Dukuh dan Santan telah menggelar pemilihan kepala dusun pada 22 September, namun pihaknya mengakui bahwa pihak desa belum menerima bantuan stimulan dari Pemkab.

"Bantuan stimulan itu sesuai dengan kemampuan anggaran Bantul, yang namanya bantuan besarannya tidak dibedakan meskipun jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di masing-masing wilayah berbeda," katanya.

Meski demikian, kata dia pihaknya belum dapat memastikan kapan waktu pencairan, tergantung proses pengajuan, namun pihaknya menjamin pencairannya karena tidak ada masalah dalam pemilihan kepala dusun di Desa Guwosari.

"Yang jelas pasti dicairkan, apalagi dilaporkan tidak ada permasalahan dalam pemilihan kepala dusun, dan bantuan itu tidak bisa dinilai kurang atau tidak, karena sifatnya stimulan untuk meringankan anggaran," katanya.