SELEKSI KOMISIONER KPU : Latar Belakang Calon Komisioner KPU Ditelusuri

14 Oktober 2013 15:30 WIB Redaksi Solopos Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Selain melakukan uji kelayakan dan kepatutan, KPU DIY juga melakukan penelusuran terhadap latar belakang seluruh calon anggota komisioner KPU kabupaten/kota.

"Kami menerjunkan tim khusus yang mengikuti dan memantau sepak terjang seluruh calon anggota komisioner tanpa diketahui oleh calon yang bersangkutan. Kami pantau cara mereka bekerja atau berinteraksi dengan lingkungannya," kata Komisioner KPU DIY Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Humas, Farid Bambang Siswantoro, Senin (14/10/2013).

Farid menambahkan, hasil penelusuran dan pemantauan tersebut kemudian diklarifikasikan langsung dengan calon komisioner yang bersangkutan saat uji kelayakan dan kepatutan.

"Penetapan komisioner terpilih, akan dilakukan berdasar hasil penilaian sejak seleksi awal hingga hasil uji kepatutan dan kelayakan. Petahana, bukan merupakan jaminan bahwa calon yang bersangkutan akan lolos kembali," katanya.

Komisioner KPU di tiap kota/kabupaten di DIY untuk periode 2008-2013 akan mengakhiri tugasnya pada 24 Oktober.

Sebelumnya, Komisioner KPU DIY akan menetapkan komisioner KPU di tiap kota/kabupaten yang akan menduduki jabatan untuk periode 2013-2018 pada 23 Oktober mendatang.