PEMILU 2014 : Besok KPU Gunungkidul Tes 50 Calon Relawan Demokrasi

31 Oktober 2013 00:16 WIB Kusnul Isti Qomah Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul akan melakukan tes wawancara kepada 50 calon relawan demokrasi. Tes akan digelar di Sekretariat KPU Gunungkidul, Jumat (1/11/2013) mulai pukul 08.00 WIB.

Kasubbag Teknis dan Hubungan Partisipasi Masyarakat (Hupmas) KPU Gunungkidul Guntoro menuturkan sejak dibuka pendaftaran dari 9-25 Oktober 2013 lalu ada 50 pendaftar. Para pendaftar terdiri dari 40 perempuan dan sepuluh laki-laki.

"Kami sudah melakukan tes kelengkapan administrasi dan semuanya lolos sehingga bisa mengikuti tes tahap akhir yakni wawancara. Tes tersebut akan dipimpin seorang komisioner yang didampingi dari sekretarit dan satu staff," papar dia kepada Harianjogja.com, di KPU Gunungkidul, Rabu (30/10/2013).

Tes wawancara yang akan dilakukan seputar motivasi menjadi seorang relawan. Para calon juga akan ditanya mengenai pengetahuan seputar pemilu dan memiliki komunikasi yang baik. Selain itu relawan minimal harus memiliki basis komunitas.

"Dari wawancara akan kami ambil minimal 15 orang dan maksimal 25 orang. Mereka akan kami bagi menjadi lima segmen yakni ke sasaran pemilih pemula, kelompok wanita, kelompok keagamaan, difabel serta marjinal," imbuh dia.

KPU Gunungkidul akan mengumumkan peserta yang lolos menjadi relawan demokrasi 4 November mendatang. Para relawan akan mulai bekerja pada November hingga April 2014.