Advertisement

PENCEMARAN AIR SUMUR : Duh, 51% Sumur di Sleman Tercemar Bakteri E-Coli

Sabtu, 09 November 2013 - 21:45 WIB
Nina Atmasari
PENCEMARAN AIR SUMUR : Duh, 51% Sumur di Sleman Tercemar Bakteri E-Coli Ilustrasi sumur timba (JIBI/Solopos - Dok.)

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN–Kualitas air tanah di Kabupaten Sleman banyak yang tercemar bakteri e-coli. Berdasar pemeriksaan Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman, dari 5.270 air sumur milik warga, sebanyak 2.699 air sumur atau 51,21% tercemar bakteri e-coli.

Dengan hasil ini, warga diminta untuk tidak mengonsumsi air sumur secara langsung yang tercemar bakteri e-coli. Sebab jika dikonsumsi, akan sangat berbahaya, karena dapat mengakibatkan gangguan kesehatan, terutama penyakit diare dan typus.

Advertisement

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman, Mafilinda Nuraini mengatakan, dari hasil penelitian, air sumur yang paling banyak tercemar e-coli terdapat di tiga kecamatan yakni kecamatan Moyudan, Minggir dan Seyegan.

“Bahkan untuk Kecamatan Moyudan dan Minggir, persentase air sumur yang memenuhi syarat sangat kecil, yaitu di bawah 20%. Untuk Moyudan 16,28% dan Minggir 17,93%,” kata Mafilinda di kantornya, Jumat (8/11/2013).

Selain meneliti syarat bakteorologi, Dinkes Sleman juga meneliti air dari segi kimiawi. Dari pemeriksaan, air sumur juga banyak mengadung zat besi (fe) dan magnesium (mg). Namun kandungan zat besi dan magnesium tidak menyebabkan gangguan kesehatan, dan hanya menyebabkan perkakas mengalami korosi (karat).

“Penelitian ini kami lakukan selama Januari hingga Oktober 2013. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, angka ini turun dari hasil uji laboratorium pada 2012, di mana dari 1.686 sampel air, sebanyak 52,37% memenuhi syarat bakteriologi,” jelas Mafilindati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement