Duh, Anak-anak ini Berkomplot untuk Curi Motor

05 Februari 2014 09:37 WIB Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN - Tiga anak di bawah umur terlibat aksi pencurian motor secara bersama-sama. Mereka ditangkap Reskrim Polsek Tempel pada pekan lalu.

Ketiga anak tersebut adalah SE, 13, BA, 16, dan RA, 17, ketiganya warga Tempel Sleman. Mereka beraksi secara bergantian dan mencuri motor sebanyak tiga kali.

Informasi yang dihimpun, pengungkapan keterlibatan anak di bawah umur ini berawal dari penangkapan SE yang merupakan pelajar SMP. Dalam melakukan aksinya SE menyaru sebagai pasien yang akan berobat di Puskesmas Tempel.

Tetapi sebenarnya ia mengincar motor Honda Vario AB 5279 PQ yang terparkir di halaman puskesmas yang kemudian dibawa kabur. Motor milik Sugiman Kamidi warga Cungkuk, Margorejo, Tempel, Sleman itu langsung dituntun oleh tersangka.

Dari Puskesmas Tempel, SE membawa motor itu ke arah utara hingga berjarak sekitar 400 meter dari tempat memarkir motor. Korban yang akan pulang dari berobat mendapati motornya tidak ada di tempat parkir kemudian melapor ke Mapolsek Tempel. Korban berusaha mencari dan SE pun berhasil ditangkap petugas bersama motor korban.

Kapolsek Tempel Kompol Nugroho menjelaskan dalam keterangannya SE mengaku terpaksa mencuri motor Honda Vario AB 5279 PQ karena disuruh oleh tersangka BA.

Setelah itu, lanjut dia, anggotanya kemudian menangkap BA dan berkembang menangkap RA yang juga berstatus sebagai pelajar. Pihaknya mengamankan tiga unit motor hasil kejahatan ketiga tersangka.

"Dari ketiga tersangka kami mengamankan tiga unit motor hasil curian yang belum sempat dijual," terangnya saat dihubungi, Selasa (4/1/2014).

Ketiga motor itu dicuri oleh para tersangka di wilayah Tempel. Mereka melakukan aksinya dengan cara berganti-ganti. Menurut pengakuan SE memang mencuri karena disuruh BA.

"Saat ini anggota kami masih terus mengembangkan karena diduga masih ada TKP di tempat berbeda selain dari tiga itu," ungkapnya. (Sunartono/JIBI/Harian Jogja)