Wisatawan Asing Terseret Arus di Pantai Baron

09 Februari 2014 20:15 WIB Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Seorang wisatawan asing sempat terseret arus sungai Baron sejauh 20 meter. Lantaran tak bisa melawan arus, wisman tersebut dijemput dengan kapal milik Search And Rescue (SAR) Korwil II, Minggu (9/2/2014), Pantai Baron, Kemadang, Tanjungsari.

Koordinator SAR Korwil II Marjono menuturkan peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 13.00 WIB. Wisman yang tidak diketahui namanya itu terseret arus sungai Baron. Ia tak kuat untuk berenang menepi.

Beruntung ada apung-apung penanda daerah rawan di Pantai Baron. Wisman tersebut berpegangan pada apung-apung tersebut sehingga masih bisa selamat. Namun, saking derasnya arus, wiswan beserta apung-apung sampai ikut terseret.

“Kami langsung menurunkan kapal jungkung milik SAR untuk menolongnya. Begitu kapal dekat ia bisa berenang mendekati kapal,” jelasnya, di Posko SAR Korwil II.

Namun, lantaran tidak bisa naik ke kapal, wisman tersebut berpegangan pada katir kapal. Wisman tersebut bisa dievakuasi dengan selamat ke tepi pantai. Setelah beristirahat sejenak, wisman pun bisa melanjutkan aktifitasnya. (Kusnul Isti Qomah/JIBI/Harian Jogja)