Terminal Giwangan akan Terapkan Parkir Progresif

12 Februari 2014 14:04 WIB Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Unit Pelayanan Teknis (UPT) Terminal Penumpang Yogyakarta (TPY) Giwangan akan memberlakukan tarif progresif di kawasan tersebut.

Kepala UPT TPY Giwangan Bekti Zunanta menyatakan, pemberlakukan tarif progresif akan dilakukan tahun ini. Jika biasanya tarif parkir bus dibayarkan menjadi satu dengan retribusi yang dibayarkan bus setiap kali masuk ke terminal maka kali ini kebijakan akan berbeda. Tarif progresif akan diberlakukan saat bus parkir lebih dari dua jam.

"Untuk besaran tarif saat ini masih kami rapatkan. Kami juga akan benahi infrastruktur pendukung untuk pelaksanaan tarif ini," terang dia.

Agar pelaksanaan tarif bisa maksimal, terang Bekti pihaknya akan bekerja sama dengan Bagian Teknologi Informasi dan Telematika (TIT) Pemkot Jogja untuk infrastruktur parkir. Dia mengungkapkan setiap hari pemasukan tetribusi parkir bus mencapai Rp7 juta.

"Adapun tarif yang diberlakukan adalah bus AKAP AC senilai Rp4.000, sedang bus ekonomi Rp3.000. Sementara itu, besaran retribusi untuk bus AKDP dan perkotaan adalah Rp2.000," ucapnya.