Posisi Giring di DPRD Bantul Digantikan Aswir Agus

12 Februari 2014 17:11 WIB Redaksi Solopos Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar rapat paripurna pergantian antarwaktu terhadap anggota lembaga legislatif setempat, Uminto Giring Wibowo yang meninggal beberapa waktu lalu.

Ketua DPRD Bantul, Tustiyani di sela rapat paripurna mengatakan, rapat paripurna istimewa dengan pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPRD periode 2009-2014 digelar menindaklanjuti surat keputusan (SK) Gubernur DIY yang telah diterima pimpinan DPRD Bantul.

"Pimpinan DPRD telah menerima SK Gubenur tertanggal 10 Februari tentang peresmian pemberhentian dengan hormat Uminto Giring Wibowo dari kedudukannya sebagai anggota DPRD Bantul periode 2009-2014," kata Tustiyani, usai rapat, Rabu (12/2/2014).

Untuk selanjutnya, kata dia, SK Gubernur tersebut juga menyebutkan peresmian dan pengangkatan Aswir Agus, sebagai anggota DPRD Bantul 2009-2014 terhitung mulai tanggal pengucapan sumpah janji pada Rabu ini.

"Oleh karena itu, rapat paripurna istimewa ini dilaksanakan dalam rangka pengucapan sumpah janji pergantian antarwaktu DPRD Bantul," katanya.

Selain sesuai SK Gubernur, kata dia paripurna PAW anggota DPRD Bantul juga berdasarkan Peraturan DPRD Bantul tentang Tata Tertib (Tatib) DPRD, serta hasil Rapat Kerja (Raker) DPRD yang dituangkan dalam keputusan pimpinan dan telah disepakati bersama.

Keputusan untuk melaksanakan PAW ini juga telah disampaikan kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gubenur DIY, Bupati Bantul, serta yang terakhir kepada Aswir Agus pengganti anggota DPRD Bantul yang meninggal dunia Uminto Giring Wibowo.

Anggota DPRD Bantul dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tersebut meninggal dunia pada 13 Januari pada usia 51 tahun, setelah sebelumnya menderita penyakit komplikasi dan gula cukup lama.

Uminto Giring Wibowo diketahui sudah menjabat sebagai anggota DPRD Bantul beberapa periode, dan untuk selanjutnya maju sebagai calon anggota legislatif (caleg) untuk DPRD DIY pada pemilihan legislatif April mendatang.