Advertisement

Warga Gotong Royong Bersihkan Pantai Baron

Kusnul Isti Qomah
Sabtu, 22 Februari 2014 - 12:24 WIB
Nina Atmasari
Warga Gotong Royong Bersihkan Pantai Baron

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Warga yang tergabung dalam kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Pantai Baron melakukan aksi bersih-bersih abu vulkanik akibat erupsi Gunung Kelud di kawasan wisata tersebut, Jumat (21/2/2014).

Camat Tanjungsari Witanto menuturkan Pantai Baron memiliki area yang cukup luas. Pembersihan pun diutamakan di area terminal dan lahan parkir di bagian utara. Meskipun sudah turun hujan namun abu vulkanik masih membandel.

Advertisement

“Meskipun sudah kena hujan, jika tidak disapu atau abunya diambil ya sama saja. Begitu kering nanti abunya juga kemana-mana lagi,” tutur dia di Baron, Kemadang, Tanjungsari, Jumat (21/2/2014).

Baron dipilih pertama untuk dibersihkan karena areanya yang luas. Pembersihan juga dilakukan untuk memastikan kenyamanan pengunjung dan menjaga agar warga serta pengunjung tidak menghirup abu vulkanik.

“Kami mengerahkan kelompok sadar wisata Pantai Baron untuk aksi bersih-bersih ini. Selain pedagang yang ikut bersih-bersih, anggota Search And Rescue (SAR) Korwil II dan juga ikut membantu,” imbuh dia.

Untuk acara bersih-bersih dikerahkan satu unit truk tangki air. Lantaran hanya menggunakan satu tangki, membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membersihkan terminal dan lahan parkir.

Hasil pantauan Harianjogja.com, masih banyak abu vulkanik di area Baron terutama di lahan parkir. Ketebalan abu mencapai dua sentimeter. Karena terkena hujan abu menjadi berikatan dengan air dan mengeras. Namun ketika sudah mengering abu akan kembali berterbangan dan mengganggu pernapasan.

Warga dan pedagang tampak menenteng sapu untuk membersihkan daun. Untuk tugas ini didominasi perempuan. Sedangkan para laki-laki mengguyurkan air dan mengambil sekop untuk mengumpulkan abu vulkanik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lowongan Kerja: Kementerian PUPR Akan Buka 6.300 Formasi CPNS dan 19.900 PPPK, Ini Rinciannya

News
| Sabtu, 20 April 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement