Advertisement

KPU Hitung Suara secara Manual Berjenjang

Redaksi Solopos
Kamis, 10 April 2014 - 16:24 WIB
Nina Atmasari
KPU Hitung Suara secara Manual Berjenjang

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memastikan bahwa penghitungan suara usai proses pemungutan suara di semua tempat pemungutan suara daerah ini dilakukan secara manual berjenjang.

"Kami tidak melakukan 'quick count', karena penghitungan dilakukan secara manual berjenjang mulai dari kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) ke PPS, kemudian ke panitia pemilihan kecamatan (PPK)," kata Ketua KPU Bantul, Muhammad Johan Komara, Rabu (9/4/2014).

Advertisement

Dengan demikian, kata dia proses penghitungan suara secara keseluruhan yang akan dilakukan KPU kabupaten setelah melalui rekapitulasi penghitungan dari tingkat PPS yang kemudian diserahkan ke PPK untuk rekapitulasi penghitungan tingkat kecamatan.

"Hari ini tahapan penghitungan suara dimulai dari KPPS, kemudian rekapitulasi di PPS mulai 10 sampai 15 April, selanjutnya rekapitulasi di PPK mulai 13 sampai 17 April, baru kemudian di KPU mulai 19 sampai 21 April," katanya.

Dengan begitu, kata dia hasil akhir penghitungan suara sekabupaten akan diketahui antara 19 April sampai 21 April sebelum diplenokan KPU bersama lembaga penyelenggara pemilu lain serta partai politik (parpol) peserta pemilu setelah 21 April.

Menurut dia, terkait dengan kemungkinan penghitungan cepat atau 'quick count' yang dilakukan pihak lain, pihaknya mempersilahkan, hanya saja KPU tetap berpatokan pada hasil penghitungan akhir secara manual karena hasilnya lebih akurat dan valid.

"Kami memang tidak boleh melakukan rekapitulasi sendiri, sebelum PPK, akan tetapi kalau ada parpol yang melakukan itu silahkan, bagi masyarakat yang ingin melihat juga silahkan," katanya.

Menurut dia, tercatat jumlah daftar pemilih tetap (DPT) yang ditetapkan KPU Bantul berjumlah 716.264 pemilih, ditambah dengan daftar pemilih khusus (DPK) sekitar 2 ribuan dan pemilih tambahan sekitar 500 orang.

"Untuk berapa tingkat partisipasi pemilih dalam pemilu juga akan diketahui nanti setelah penghitungan, namun dari kami menargetkan partisipasi 75 persen, harapannya bisa lebih," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hizbullah Lebanon Serang Fasilitas Militer Israel Utara

News
| Kamis, 20 Juni 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Punya Pantai Terbaik untuk Berselancar, Ini Daftarnya

Wisata
| Senin, 17 Juni 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement