Advertisement

Puskesmas Lendah Bau Limbah, Pelayanan Terganggu

Rabu, 23 April 2014 - 13:30 WIB
Nina Atmasari
Puskesmas Lendah Bau Limbah, Pelayanan Terganggu

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Layanan di Puskesmas Lendah I Kabupaten Kulonprogo terganggu karena tempat penampungan limbah diduga penuh sehingga air merembes keluar dan menimbulkan bau tak sedap.

Tidak hanya itu rembesan air limbah juga masuk ke ruangan poli gigi dan menghambat layanan pada pasien gigi. Data yang dihimpun, dalam satu hari Puskesmas Lendah I dapat melayani lebih dari 70 pasien.

Advertisement

Staf keuangan puskesmas Lendah I, Dasiman, membenarkan, sudah satu bulan terakhir air limbah merembes keluar dan mengganggu kenyamanan. Kendati demikian, ia belum dapat memastikan penyebab air limbah merembes.

“Bisa jadi karena tempat penampungan limbahnya penuh,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (22/4/2014).

Penampungan air limbah puskesmas itu sudah dibangun sejak Maret 2009 dan belum pernah bermasalah. Dasiman juga tidak mengetahui jenis air limbah yang merembes keluar karena terdapat beberapa kemungkinan, antara lain, limbah medis, limbah rumah tangga puskesmas, atau limbah air cuci tangan.

Persoalan ini juga sudah dilaporkan ke Dinas Kesehatan Kulonprogo dan kabarnya akan ditindaklanjuti, tetapi sampai sekarang belum ada perbaikan.

Staf kepegawaian Puskesmas Lendah I, Rubimin, mengungkapkan, aktivitas layanan cabut dan tambal di poli gigi harus pindah ke ruangan lain karena rembesan air mengganggu kenyamanan. Namun, kata dia, tidak setiap hari air limbah luber keluar, hanya di saat-saat tertentu. “Biasanya setelah hujan deras,” kata Rubimin.

Dijelaskannya, pembangunan tempat penampungan limbah dilakukan oleh pemborong dari luar, sehingga puskesmas tidak mengetahui secara pasti struktur bangunannya.“Sejak lima tahun dibangun tempat penampungan limbah baru kali ini sampai merembes keluar, kami tidak tahu apakah memang sudah penuh atau ada yang rusak,” urainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pembangunan IKN, Jokowi: Jangan Membayangkan Upacara 17 Agustus Sudah Jadi Semuanya

News
| Rabu, 17 Juli 2024, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Shoulder Season, Periode Berwisata Antiribet

Wisata
| Minggu, 14 Juli 2024, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement