Advertisement

Jika Penggelembungan Suara Benar, Caleg Demokrat Gunungkidul Bisa Terjegal

Ujang Hasanudin
Jum'at, 25 April 2014 - 12:30 WIB
Nina Atmasari
Jika Penggelembungan Suara Benar, Caleg Demokrat Gunungkidul Bisa Terjegal

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL- Anggota Panwaslu Gunungkidul Divisi Pengawasan Budi Haryanto mengaku sudah menerima surat aduan dugaan penggelembungan suara antar caleg Partai Demokrat di daerah pemilihan satu tersebut. Namun, pihaknya masih akan menelusuri kebenaran fakta yang dilaporkan.

“Masalahnya rekapitulasi hasil pemilu sudah ditetapkan baik tingkat kabupaten maupun provinsi, tapi akan tetap kami telusuri,” ucap Budi, Kamis (24/4/2014).

Advertisement

Menurut Budi, setelah penelusuran ditemukan bukti yang kuat, pihaknya akan mendorong untuk melaporkan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Sesuai aturan, kata Budi, caleg masih bisa mengajukan gugatan sengketa perselisihan hasil pemilu (PHPU) di MK. “Ranahnya bukan lagi Panwaslu nanti,” ujar Budi.

Anggota KPU Gunungkidul Divisi Hukum dan Pengawasan Is Sumarsono juga menyatakan belum bisa memproses nota keberatan dari Suhardono dalam waktu dekat karena keputusan rekapitulasi hasil pemilu sudah ada dan sudah disepakati oleh semua saksi partai politik.

Keberatan Suhardono, diakui Is akan diproses setelah ada keputusan penetapan caleg pada 11-13 Mei mendatang.
Dihubungi terpisah Supriyani Astuti enggan menanggapi laporan dugaan penggelembungan suara tersebut.

Menurut dia, lembaga resmi KPU sudah menetapkan rekapitulasi hasil pemilu dan sudah disepakati oleh semua saksi. “Patokan saya berdasarkan mekanisme yang ada dan valid. Silakan saja konfirmasi ke KPU,” ucap Supriyani.

Berdasarkan rekapitulasi hasil pemilu dari KPU Gunungkidul, Partai Demokrat di daerah pemilihan satu (Wonosari, Semanu, Playen) mendapatkan suara sah sebanyak 7.957. Dari perolehan tersebut suara caleg terbanyak adalah Supriyani Astuti dengan 2.017 suara dan Suhardono 1.987.

Dari data tersebut perolehan kedua caleg partai berlambang mercy itu sangat tipis. Jika nota keberatan Suhardono dikabulkan MK, maka Supriyani Astuti bisa terjegal melenggang sebagai wakil rakyat DPRD Gunungkidul.

Suhardono merupakan caleg Patahana. Ia juga pengurus DPC Demokrat Gunungkidul. Demikian Supriyani Astuti juga caleg Patahana yang juga ketua PAC Demokrat Playen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement