301 Anggota Polisi Jogja Naik Pangkat

02 Januari 2015 12:40 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

301 Anggota Polisi Polresta Jogja mendapatkan kenaikan pangkat

Harianjogja.com, JOGJA-Sebanyak 301 anggota Polresta Jogja yang terdiri dari 36 perwira dan 265 bintara naik pangkat, Kamis (1/1/2014).

Upacara kenaikan pangkat dipimpin langsung oleh Kepala Polresta Jogja Komisaris Besar Polisi Slamet Santoso di Markas Polresta Jogja.

Kasi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polresta Jogja Komisaris Polisi Suyadi mengatakan, kenaikan pangkat rutin diberikan kepada semua anggota Polri setiap empat tahun sekali untuk bintara dan tiga tahun sekali untuk perwira.

"Pangkat diberikan tiap tanggal 1 Juli dan 1 Januari," kata dia, Kamis (1/1/2014).

Meski anggota memiliki masa kerja empat tahun dan tiga tahun untuk naik pangkat satu tingkat lebih tinggi, syarat lain pun menjadi pertimbangan. Di antaranya tidak sedang menjalani hukuman atau dalam masa pengawasan Propam.

Untuk kenaikan pangkat dari Ajun Komisaris Polisi (AKP) ke Komisaris Polisi (Kompol) minimal mempunyai masa kerja perwira 12 tahun tanpa sekolah lanjutan perwira (Selapa), 10 tahun jika menjalani selapa, dan 11 tahun bila memiliki ijazah S2.
"Pangkat Kompol sampai Jenderal berdasarkan syarat tertentu. Selain masa kerja juga latar belakang sekolah karir dan jabatan," tandas Suyadi.