BANDARA KULONPROGO : Pemkab Kulonprogo dan Magelang Siap Jalin Kerjasama

Ilustrasi jalan tol (JIBI/Solopos - Dok.)
21 Januari 2015 18:20 WIB Kulonprogo Share :

Bandara Kulonprogo, Pemkab dan Pemkab Magelang akan membangun jalan untuk menghubungkan kedua wilayah tersebut/

Harianjogja.com, KULONPROGO-Pemkab Kulonprogo berencana menjalin kerjasama dengan Pemkab Magelang dalam pembangunan infrastruktur jalan yang menghubungkan Kulonprogo dengan bandara baru di Kecamatan Temon.

Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo menuturkan pembicaraan mengenai kerjasama dalam membangun infrastruktur jalan dari Magelang-Kulonprogo-bandara baru masih tahap awal, kendati demikian Pemkab Magelang sudah merespon dengan rencana yang sama.

“Kami sudah melakukan kunjungan dan hal ini dilakukan untuk penjajakan kemungkinan adanya kerjasama dalam pembangunan infrastruktur jalan,” ujarnya dalam pertemuan dengan Bupati Magelang di Rumah Dinas Bupati Magelang, Senin (19/1/2015).

Diungkapkannya, rencana pembangunan infrastruktur jalan juga terkait dengan program Bedah Menoreh yang tersambung hingga Magelang. Tujuannya, supaya transportasi dari Magelang ke bandara bisa lebih lancar. Tidak hanya itu, imbuh Hasto, rencananya juga dilakukan pembangunan jembatan di sebelah Jembatan Duwet,
mengingat satu sisi berada di Kulonprogo dan sisi lainnya masuk Magelang.

Selain persoalan infrastruktur jalan, Hasto menawarkan kerjasama dalam budidaya teh sebab kedua kabupaten ini memiliki potensi perkebunan teh. Dikatakannya, Kulonprogo sudah memiliki pabrik teh yang pemanfaatannya bisa dioptimalkan oleh masyarakat perbukitan Menoreh, termasuk sebagian masyarakat Magelang di Kecamatan Salaman dan Borobudur.

Bupati Magelang Zaenal Arifin menyambut baik kunjungan ini dan menyatakan keinginan untuk bersama-sama menggali dan memaksimalkan potensi demi kemajuan bersama.

Sekalipun pada pertemuan pertama belum menghasilkan kesimpulan, Zaenal menugaskan Sekretaris Daerah Magelang bersama Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) teknis untuk menindaklanjuti pertemuan.

“Akan dilakukan kajian dan pertimbangan yang cukup matang, sehingga memberi kesejahteraan masyarakat dan kami akan mengagendakan silaturahmi ke Kulonprogo,” tandasnya.