PENCURIAN KULONPROGO : Pelaku Mengaku Awalnya Hanya Keliling, Tapi ...

Tersangka menjelaskan kronologi pencurian kepada penyidik di Polres Kulonprogo, Senin (2/3/2015). (JIBI/Harian Jogja - Holy Kartika N.S).
03 Maret 2015 10:20 WIB Kulonprogo Share :

Pencurian Kulonprogo, pelaku mengaku tidak berencana beraksi dan semula hanya iseng berkeliling.

Harianjogja.com, KULONPROGO -Demi penampilan keren, tukang bangunan, Januari Susanto, 29 dan temannya, Seno membobol rumah Ngadino, warga Dusun Senik, Desa Bumirejo, Lendah pada 17 Januari lalu.

Kasatreskrim Polres Kulonprogo AKP Ricky Boy Sialagan mengungkapkan dalam penangkapan itu barang bukti yang diamankan, yaitu obeng, linggis, satu unit sepeda motor Suzuki FU merah hitam dan satu unit sepeda motor Honda Vario yang digunakan untuk melakukan aksi pencurian.

"Saat penangkapan, plat nomor sepeda motor yang dicuri sudah diganti. Itu merupakan upaya tersangka untuk menyamarkan barang bukti," jelas Ricky, Senin (2/3/2015).

Susanto mengaku barang curian tersebut hanya digunakan sendiri. Tersangka berdalih aksi yang dilakukan tidak terencana. Awalnya, dia diajak Seno, tersangka lain berkeliling dari Bantul ke Kulonprogo.

Tersangka yang bekerja sebagai tukang bangunan itu mengaku kepada penyidik, baru sekali melakukan
pencurian. Dia berkilah, pencurian tersebut dilakukan rekannya.

"Saya cuma mengantarkan teman. Dia mau pakai sendiri motornya. Cuma untuk pamer ke pacar biar dikira keren pakai motor ini," ungkap Susanto.