PENCURIAN SLEMAN : Mantan Polisi Gelapkan Motor

Ilustrasi tahanan (JIBI/Solopos/Antara - Dok.)
06 Maret 2015 12:40 WIB Sunartono Sleman Share :

Pencurian Sleman dilakukan oleh mantan anggota polisi.

Harianjogja.com, SLEMAN - Seorang desertir anggota Polresta Jogja, Dedi Kristanto, 29, warga Samigaluh, Kulonprogo ditangkap Unit Reskrim Polsek Godean, Rabu (4/3/2015) siang. Tersangka terjerat kasus penipuan membawa kabur motor milik korban dengan modus berpura-pura kenalan serta membeli barang.

Dedi Kristanto menjadi anggota Polri bertugas di Unit Sabhara Polresta Jogja pada 2004. Kemudian pada 2007 ia dikeluarkan karena tidak pernah masuk kerja. Saat dipecat ia berpangkat terakhir Bripda. Adapun orang yang menjadi korban penipuan tersangka yaitu seorang pelajar bernama Bagas Indrawan, 18, yang juga warga Samigaluh, Kulonprogo.

Kapolsek Godean Kompol Verena menjelaskan peristiwa penipuan itu terjadi pada Oktober 2014 silam. Ketika itu tersangka mengajak bertemu korban di SPBU Gesikan, Sidomoyo, Godean sekitar pukul 14.00 WIB. Saat pertemuan itu tersangka akan mengembalikan laptop milik korban yang sebelumnya dipinjam. Saat bertemu tersangka justru belum membawa laptop yang dijanjikan. Lebih dahulu tersangka meminta bertukar motor, lalu korban pun menyerahkan Yamaha Jupiter MX nopol B 6976 CUI miliknya. Sedangkan korban membawa motor Yamaha Mio milik tersangka.

"Tersangka meminjam motor korban itu dengan alasan untuk mengambil laptop, lalu motornya dibawa korban," ungkapnya, Kamis (5/3/2015).

Ia menambahkan empat hari kemudian, tersangka kembali mengajak bertemu korban di kawasan kampus UPN Depok. Ketika itu tersangka meminta antar temannya dan tidak membawa motor milik korban. Saat sudah bertemu dengan korban, tersangka justru meminta motor Mio miliknya yang sebelumnya dibawa korban.

"Korban disuruh menunggu tapi tidak kembali, lalu korban melapor ke kami sesuai dengan TKP awalnya," ungkapnya.