PENCURIAN SLEMAN : Beli Barang jadi Modus

Ilustrasi upacara pemecatan polisi. (JIBI/Solopos - Dok.)
06 Maret 2015 15:20 WIB Sunartono Sleman Share :

Pencurian Sleman dilakukan oleh mantan anggota polisi. Modus yang diterapkan adalah pura-pura membeli barang.

Harianjogja.com, SLEMAN - Mantan anggota Polresta Jogja, Dedi Kristanto, 29, warga Samigaluh, Kulonprogo ditangkap Unit Reskrim Polsek Godean, Rabu (4/3/2015) siang lantaran membawa kabur motor milik korban dengan modus berpura-pura kenalan serta membeli barang.

Dedi Kristanto menjadi anggota Polri bertugas di Unit Sabhara Polresta Jogja pada 2004. Kemudian pada 2007 ia dikeluarkan karena tidak pernah masuk kerja. Saat dipecat ia berpangkat terakhir Bripda. Adapun orang yang menjadi korban penipuan tersangka yaitu seorang pelajar bernama Bagas Indrawan, 18, yang juga warga Samigaluh, Kulonprogo.

Kanit Reskrim Polsek Godean AKP Haryanto menambahkan pihaknya melakukan penyelidikan cukup lama setelah mendapat laporan korban. Setelah memastikan tersangka berada di rumah orangtuanya di Jongke, Sendangadi, Mlati pihaknya lalu melakukan penangkapan. Tersangka ditangkap tanpa perlawanan karena sedang tidur.

"Memang pecatan polisi, pangkat terakhir Bripda," urai dia.

Ia menambahkan diduga masih banyak orang yang menjadi korban penipuan tersangka. Modus yang digunakan yaitu berlagak kenal dekat dengan korban, lalu meminjam barang dan dibawa kabur. Modus lain yaitu dengan berpura-pura hendak membeli barang dengan memberi sejumlah uang muka lebih dahulu. Tapi barang sudah dibawa kabur lebih dulu. Motor korban, lanjutnya, digadaikan tersangka sebesar Rp 2,5 juta.

"Tersangka dijerat Pasal 372 KUHP tentang penipuan. Barang bukti motor milik korban masih dalam pencarian," kata dia.

Tersangka Dedi mengaku setelah berhenti sebagai anggota Polri ia bekerja sebagai sekuriti sejumlah perusahaan. Uang hasil menggadaikan motor korban diakuinya sudah habis untuk keperluan seperti membayar hutang.

"Saya punya utang kecil-kecil tapi banyak, kalau ditotal sekitar Rp10 Juta," jelasnya.