JOGJA AIR SHOW : Seperti Ini Penampilan Grob dan Pitts yang Memukau Pengunjung

16 Maret 2015 12:20 WIB Bhekti Suryani Bantul Share :

Jogja Air Show yang menampilkan sejumlah pesawat latih TNI Angkatan Udara Adisutjipto tampil memukau di langit Pantai Depok sampai Parangtritis, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek dalam gelaran Jogja Airshow 2015. Berikut kisah yang dihimpun wartawan Harian Jogja, Bhekti Suryani.

Di ketinggian 900 kaki, lima pesawat latih terbang dari arah timur ke barat. Berjejer dan  membentuk formasi seperti kipas, pesawat yang dikomandani Letkol penerbang Rizaldi Efransa dari Pangkalan Udara (Lanud) Adi Sutjipto Jogja itu menyedot perhatian ribuan pasang mata yang sedari pagi memadati area landasan pacu Pantai Depok, Minggu (15/3/2015).

Hampir setengah jam pesawat Grob G120TP-A buatan Jerman itu memukau pengunjung dengan berbagai formasi seperti leader benefit, trail, left echelon dan high G turn. Riuh rendah tepuk tangan ribuan orang terdengar saat Letkol penerbang Rizaldi Efransa berkali-kali bermanuver menukik di udara seperti tengah bertempur.

Setelah si putih Grob hengkang menuju landasan udara Adisutjipto meninggalkan Depok, sebuah pesawat ringan yang diawaki Marsekal Madya Purnawirawan Eris Heryanto kembali menghibur pengunjung.

Pesawat ringan bernama Pitts dengan dua sayap bertingkat di bagian atas dan bawah itu terbang rendah menyapa pengunjung dengan bermanuver melingkar, berputar dengan posisi tubuh pesawat terbalik.

“Ini namanya gerakan luck roll, gerakan kecepatan tinggi sambil mengeluarkan asap,” kata pembawa acara mengabarkan ke pengunjung.

Atraksi aerobatic pesawat ini mendebarkan karena dikendarai seorang pilot berusia 61 tahun, alumni angkatan udara 1976. Keahliannya berbalik dan menukik di udara tidak diragukan lagi kendati usia pilot telah senja.

Kehebatan para anak bangsa di bidang kedirgantaraan terlihat dari sejumlah pesawat yang dilombakan dan ditampilkan untuk menghibur selama tiga hari gelaran Jogja Airshow, 13-15 Maret 2015. Totalnya ada lebih dari 200 pesawat yang diterbangkan di atas laut, dari Depok sampai Parangtritis.

Pesawat yang ditampilkan pada Jogja Airshow kali ini lebih banyak dibanding tahun lalu yang jumlahnya tidak sampai 200 pesawat. Banyaknya pesawat yang diterbangkan memecahkan rekor catatan Museum Rekor Indonesia (Muri) untuk katageori penggunaan remote control terbanyak dalam penerbangan pesawat aeromodeling.

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, yang kemarin hadir, mengatakan ke depan acara seperti ini menjadi event nasional.

“Harapannya jadi event Indonesia Air Show,” ujarnya. Momentum seperti Jogja Airshow menjadi destinasi baru di bidang wisata.