Advertisement

Resmikan Embung Batara Sriten, Ini Janji Sultan

David Kurniawan
Rabu, 18 Maret 2015 - 13:20 WIB
Nina Atmasari
Resmikan Embung Batara Sriten, Ini Janji Sultan

Advertisement

Gubernur DIY Sri Sultan HB X meresmikan embung Batara Sriten dan menjanjikan perbaikan jalan menuju kawasan tersebut

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL- Gubernur DIY Sri Sultan HB X berjanji akan memberikan bantuan perbaikan infrastruktur menuju kawasan Embung Batara Sriten di Dusun Sriten, Desa Pilangrejo, Kecamatan Ngilpar.

Advertisement

Namun demikian, sebelum upaya itu dilakukan, Sultan meminta masyarakat berkomitmen untuk mendukung kelancaran pembangunan.

"Akan kami bantu, tapi saya tidak ingin ada masalah saat perbaikan. Jadi, saya minta dimusyawarahkan terlebih dahulu dengan masyarakat," kata Sultan kepada wartawan, usai meresmikan Embung Batara Sriten, Selasa (17/3/2015).

Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat ini mengatakan, sarana prasaran kawasan embung tidak semata-mata perbaikan akses jalan. Sebab, selain kondisi yang rusak, aksesnya juga sempit, sehingga butuh pelebaran untuk kelancaran wisatawan.

"Saya sudah lihat sendiri, jalannya sangat sempit. Untuk perbaikan, mau tidak warga tanahnya dikorbankan untuk perluasan. Jangan sampai saat perbaikan dilaksanakan warga minta ganti rugi. Untuk itu, saya meminta warga berembug untuk meminimalisir masalah," ujarnya.

Lebih jauh dikatakan Sultan, upaya perbaikan bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama perbaikan menggunakan anggaran milik Pemerintah DIY. Namun tidak menutup kemungkinan pembangunannya melibatkan, Corporate Social Responsibility perusahaan di DIY.

"Teknisnya bisa dimusyawarah nanti. Tapi saya berharap keberadaan embung ini dirawat dan benar-benar dimanfaatkan," ujar dia.

Pembangunan Embung Batara Sriten dilaksanakaan bersamaan dengan pembangunan Embung di Gunungpanggung, Tambakromo, Ponjong. Total biaya yang dikeluarkan membangun mebung itu mencapai Rp3 miliar, yang merupakaan dana hibah dari Pemerintah DIY.

“Manfaatnya sangat banyak, mulai dari pertanian hortikultura hingga sektor pariwisata. Saya juga berpesan, embung yang ada jangan sampai ditaruh ikan. Sebab itu bisa mempercepat kerusakan lapisan geo membran,” imbaunya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement