PEMBOBOLAN ATM : Seperti Ini Rekaman CCTV Pembobolan ATM BRI di Concat

24 Maret 2015 08:40 WIB Sunartono Sleman Share :

Pembobolan ATM BRI di Condongcatur Sleman berhasil direkam CCTV

Harianjogja.com, SLEMAN - Petugas Polsek Depok Timur terus melakukan penyelidikan kasus pembobolan ATM BRI di Pamela Enam dengan menganalisa hasil rekaman CCTV.

Pelaku diduga sudah mengantongi PIN brankas dengan melakukan pembobolan hanya butuh waktu 108 detik.

Sebelumnya sebuah ATM BRI yang terletak di depan swalayan Pamela Enam, Jalan Nusa Indah, Karangasem, Condongcatur, Depok, Sleman dibobol maling. Pelaku mengambil tiga kaset berisi uang tunai. Pembobolan itu
dilakukan setelah ATM diisi sebesar Rp300 Juta.

Dari rekaman CCTV, seorang pelaku masuk ke dalam ruang ATM BRI sekitar pukul 01.06 WIB Minggu (22/3/2015) dinihari dalam keadaan hujan. Ia mengenakan jumper berwarna gelap bercelana pendek dan memakai sandal gunung dengan membawa sebuah tas gantung satu tali.

Kemudian penutup kepala pada jumper sekaligus digunakan untuk menutup helm yang dipakai oleh pelaku agar tidak terdeteksi wajahnya.

Ketika masuk ke dalam ruang ATM, pelaku tanpa menoleh ke atas atau ke samping namun langsung tertuju pada brankas di bagian bawah layar transaksi.

Menggunakan sejenis besi pipih yang diambil dari dalam tas pelaku mencongkel cover brankas ATM kemudian menariknya hingga lepas.

Setelah berhasil membuka cover brankas, pelaku tampak berkonsentrasi singkat pada titik tengah bagian kotak brankas. Titik tersebut merupakan  tempat melakukan entri password beberapa digit angka untuk membuka brankas. Dalam hitungan detik pelaku dapat membuka brankas dan menarik tiga kaset berisi uang tunai kemudian di letakkan di lantai.

Sukses menarik tiga kaset, pelaku berdiri untuk membuka tas kecil yang dibawa. Ia mengambil sebuah benda sejenis kain sarung dari dalam tas.

Kemudian kain itu sempat dilebarkan dengan mengibaskan ke samping kanan. Pada ujung kain itu lalu diikat kemudian digunakan sebagai tempat memasukkan ketiga kaset berisi uang tunai yang berhasil dibobol. Pelaku lalu meninggalkan ruang ATM. Aksi itu dilakukan hanya sekitar satu menit 48 detik atau 108 detik saja.