ANGIN KENCANG JOGJA : Bangunan Kraton Tertimpa Pohon Tumbang

27 Maret 2015 07:20 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

Angin kencang Jogja juga melanda kawasan Kraton. Setidaknya lima pohon tumbang di Kompleks Kraton Jogja.

Harianjogja.com, JOGJA-Hujan disertai angin kencang, kemarin siang, juga menumbangkan pohon di beberapa titik di Kota Jogja, salah satunya yakni lima pohon tumbang di Komplek Kraton. Pohon tumbang itu adalah empat pohon jenis Sawo Kecik, dan satu Pohon Keben.

Gusti Bendoro Pangeran Haryo (GBPH) Prabukusumo mengatakan, pohon tumbang di terjadi sekitar pukul 15.30 WIB, terjadi di Bangsal Kencono, Musium Kristal, dan Musium Kereta Kencana.

"Satu pohon menimpa atap Musium Kristal, gentengnya protol," kata Prabusukumo di Komplek Kraton.

Selain menimpa Musium Kristal, Prabukusumo mengatakan pohon tumbang juga menimpa sangkar bekisar. Kebetulan di dalamnya tidak ada bekisar. Adik Sri Sultan Hamengku Buwono X ini menyatakan pohon-pohon di Komplek Kraton yang tumbang usianya sudah puluhan tahun, bahkan ada pohon yang ditanam pada masa Hamengku Buwono VIII Hamengku Buwono IX.

Disinggung soal petanda apa kejadian tersebut, Prabukusumo meminta tidak dipolitisir.

"Hari ini [kemarin] memang malam Jumat Kliwon, tapi tidak usah ditanggapi aneh-aneh," kata dia.

Petugas BPBD Kota Jogja dibantu relawan dan TNI kerjasama membersihkan pohon tumbang agar Komplek Kraton, hari ini, tetap bisa dikunjungi wisatawan.

Komandan Kompi BPBD Kota Jogja Muhammad Farid mengatakan, pohon tumbang juga terjadi di wilayah Tirtodipuran dan Mangkuyudan Kecamatan Mantrijeron. "Pohon tumbang rata-rata berdiameter 30-40," kata dia.