ENERGI ALTERNATIF : Jokowi Resmikan Proyek Pembangunan PLTB Rp1,3 Triliun

JIBI/Harian Jogja/Desi SuryantoSejumlah mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia mengimplementasikan dan menerapkan teknologi dalam bidang energi baru terbarukan dengan mengikuti Kompetisi Kincir Angin Indonesia (KKAI) yang digelar di Pantai Baru, Bantul, DI. Yogyakarta, Selasa (16/09 - 2014). Kegiatan KKAI diselenggarakan oleh DITLITABMAS KEMDIKBUD bekerjasama dengan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta dan BAPPEDA Kabupaten Bantul itu memperlombakan seberapa besar energi listrik yang dihasilk
04 Mei 2015 08:24 WIB Abdul Hamied Razak Jogja Share :

Energi alternatif berupa PLTB akan segera diresmikan di Pantai Samas.

Harianjogja.com, JOGJA- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) di Pantai Samas, Bantul. Listrik yang digerakan oleh 33 tower kincir angin itu, rencananya akan beroperasi tiga tahun lagi.

Menteri Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Surdiman Said mengatakan PLTB tersebut mampu menghasilkan 50 MW. Masing-masing tower yang didirikan setinggi 120 meter. Nilai investasi proyek sebesar Rp1,3 Triliun dengan target beroperasi pada 2018 mendatang.

"Sesuai keinginan Sultan, proyek ini tidak akan mengganggu kegiatan wisata, dan penerbangan di DIY. Jika kebutuhan listrik di DIY sekitar 400 MW maka sepertiganya sudah terpenuhi," kata Dirman kepada wartawan dalam ramah tamah di Gedung PLN Jogja, Minggu (3/5/2015) malam.