HARIAN JOGJA HARI INI : Konflik Kraton Meruncing

Harian Jogja Hari Ini Edisi Kamis Legi, 7 Mei 2015 (JIBI/Harian Jogja - dok)
07 Mei 2015 10:40 WIB Mediani Dyah Natalia Jogja Share :

Harian Jogja Hari Ini Edisi Kamis Legi, 7 Mei 2015

Kisruh Kraton Meruncing
BANTUL—Kisruh di Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat kian runcing. Sejumlah kerabat Kraton bahkan tak lagi mengakui Sri Sultan HB X sebagai Ngarsa Dalem sekaligus Gubernur
DIY.

Sabda Raja : Akui Pembayun Putri Mahkota, Sultan Akan Amati yang Tak Sepakat
JOGJA—Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Sri Sultan HB X secara implisit mengakui telah mengangkat putri sulungnya Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Pembayun menjadi putri mahkota yang bergelar GKR Mangkubumi Hamemayu Hayuning Bawono Langgeng Ing Mataram.

PETILASAN KI AGENG GIRING : Misteri Penghormatan kepada Leluhur
Polemik yang terjadi di Kraton Ngayogyakarta ikut pula menyeret nama Ki Ageng Giring. Nama Ki Ageng Giring disebut dalam Sabda Raja yang dikeluarkan Sri Sultan HB X. Banyak kerabat yang melakukan ziarah ke makam Ki Ageng Giring III. Siapakah Ki Ageng Giring? Berikut laporan wartawan Harian Jogja, David Kurniawan.

PENAMBANGAN ILEGAL : Pemkab Semprit Penambang Liar Sungai Opak
BANTUL—Belum selesai urusan dengan penambang pasir uruk di sekitar Balaidesa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Pemkab Bantul kini kembali direpotkan dengan munculnya praktik penambangan liar.

KEGIATAN OLIFANT : Parcom Gelar Goes to Community di Gowok
SLEMAN—Olifant Parent Committe (Parcom) bekerja sama dengan Cobra Dental, ibu-ibu PAUD Kartini, TK Anggono Rini serta anggota PKK Dusun Gowok, Desa Catur Tunggal, Sleman menggelar Parcom Goes to Community, Selasa (5/5).

PERTAMBANGAN : Aliansi Minta Dispensasi Khusus
WONOSARI—Aliansi Masyarakat Tambang Gunungkidul berharap ada kepastian hukum mengenai masalah perizinan agar aktivitas tambang tidak dipermasalahkan. Selain itu, Aliansi juga meminta dispensasi khusus untuk pertambangan.

Harga Gas : Elpiji 3 Kilogram Tembus Rp21.000
JOGJA- Harga elpiji 3 kilogram di pasaran tembus Rp21.000 per tabung. Kenaikan harga tersebut diduga akibat keterlambatan distribusi dari agen ke penyalur hingga pengecer.

KEUANGAN : Puluhan Desa Belum Selesaikan APBDes
WATES—Dari 87 desa di Kulonprogo, masih ada pulihan desa yang belum menyelesaikan anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes). Sekitar 60 desa sudah mencairkan sejumlah dana bantuan dari Pemerintah Kabupaten karena APBDes beres.

Sepak Bola Nasional : Tim 9 Temukan Indikasi Pengaturan Skor
JAKARTA - Tim Sembilan menemukan adanya indikasi pengaturan skor atau match fixing dalam sepak bola Indonesia.

TAMBANG ILEGAL : Rumah Aktivis Penolak Tambang Dihujani Batu
SLEMAN—Polemik penolakan tambang pasir ilegal di Kecamatan Pakem, memunculkan indikasi tindakan kriminal di tengah masyarakat. Salah satu warga Dusun Pulowatu, RT4/RWXXII Desa Purwobinangun, Yulianto, mengaku mendapat teror dari kelompok tertentu karena dirinya menjadi pihak penentang penambangan pasir.

Lebih lengkap Anda dapat membaca Harian Jogja edisi cetak. Dapatkan Harian Jogja dengan harga
Rp3.000 di agen terdekat.

Selamat membaca. Harian Jogja, berbudaya, Membangun Kemandirian.