Advertisement

SABDA RAJA : Gusti Yudho Persilakan Masyarakat Demo, Tapi Jangan Merusak Kraton

Ujang Hasanudin
Senin, 11 Mei 2015 - 21:50 WIB
Nina Atmasari
SABDA RAJA : Gusti Yudho Persilakan Masyarakat Demo, Tapi Jangan Merusak Kraton HarianJOgja/Gigih M. HanafiPuluhan warga dari jamaah Nahdliyin Mataram melakukan doa serta tahlil di Bangsal Pengapit Ler komplek makam Kotagede, Jogja, Minggu (10 - 5). Kegiatan ini sebagai bentuk keprihatinan mereka terhadap Sabdaraja yang dikeluarkan Sri Sultan Hamengku Buwono X, mengenai penghapusan gelar Ngabdurrahman Sayidin Panatagama Kalifatullah.

Advertisement

Sabda raja mengundang berbagai tanggapan. Gusti Yudho mempersilakan masyarakat untuk demo, namun jangan sampai merusak kraton

Harianjogja.com, JOGJA-Gusti Bendoro Pangeran Haryo (GBPH) Yudhaningrat mempersilahkan masyarakat Jogja berdemo menyampaikan aspirasinya soal Sabda Raja yang dikeluarkan Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang juga Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Advertisement

Hal itu disampaikan Gusti Yudho-sapaan akrab GBPH Yudhaningrat saat dihubungi Senin (11/5/2015). "Silahkan saja warja Jogja dan warga luar Jogja berdemo asal jangan sampai merusak Kraton," kata dia.

Kemarin siang, Gusti Yudho mengaku kedatangan sejumlah warga Kauman, Jogja yang menyatakan tidak sepakat dengan keputusan Sultan, dan bermaksud melakukan demo. "Kalau sampai merusak Kraton akan berhadapan dengan saya," tegas adik tiri Sultan HB X ini.

Kauman merupakan wilayah basis ormas Muhammadiyah, yang terletak tak jauh dari Kraton. sebagian warga Kauman memang sudah terang-terangan menolak penggantian gelar khalifatullah, dan pengangkatan Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Pembayun menjadi GKR Mangkubumi, yang disebut-sebut bakal menjadi penerus tahta Kraton.

Sejumlah spanduk bertuliskan "Kembalikan Paugeran, Jogja Tetap Istimewa," juga ditulis atas nama warga Kauman, Jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BKKBN-TNI AD Kolaborasi Membangun Sumber Air Bersih Guna Turunkan Stunting

News
| Kamis, 25 April 2024, 18:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement