Advertisement

LIBURAN DI JOGJA : Bingung di Taman Pintar, Pengunjung Bisa Bertanya pada Petugas Pengamanan

Redaksi Solopos
Kamis, 14 Mei 2015 - 12:19 WIB
Nina Atmasari
LIBURAN DI JOGJA : Bingung di Taman Pintar, Pengunjung Bisa Bertanya pada Petugas Pengamanan

Advertisement

Liburan di Jogja, wisatawan di Taman Pintar bisa mendapatkan informasi dari petugas pengamanan

Harianjogja.com, JOGJA- Taman Pintar Jogja tidak menambah personel untuk mengantisipasi lonjakan jumlah pengunjung saat libur panjang akhir pekan, namun mengoptimalkan personel yang ada termasuk petugas pengamanan untuk membantu pengunjung.

Advertisement

"Tidak ada tambahan pemandu atau personel. Kami optimalkan sumber daya yang ada untuk melayani pengunjung. Petugas keamanan pun dituntut tidak hanya menjaga keamanan tetapi memberikan panduan bagi pengunjung yang membutuhkan informasi," kata Kepala Kantor Pengelola Taman Pintar Jogja Yunianto Dwi Sutono, di Jogja, Rabu (13/5/2015).

Menurut dia, petugas keamanan di Taman Pintar adalah bagian dari layanan terdepan di tempat wisata edukasi yang sudah menjadi ikon wisata di Kota Jogja itu. "Pengunjung pasti bertemu dengan petugas keamanan dulu saat akan masuk ke Taman Pintar. Oleh karena itu, petugas keamanan adalah 'front office' kami," lanjutnya.

Beberapa waktu sebelumnya, lanjut Yunianto, pihaknya sudah bekerja sama dengan Kepolisian Resor Kota Jogja untuk pembinaan fisik dan mental bagi petugas keamanan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada pengunjung.

Sedangkan pada libur panjang akhir pekan, Taman Pintar tidak akan memperpanjang jam layanan, yaitu tetap pada pukul 09.00 WIB hingga 16.00 WIB untuk pelayanan tiket.

"Kami baru saja membuka empat wahana baru. Harapannya, bisa meningkatkan minat pengunjung untuk mengunjungi Taman Pintar," katanya. Total wahana yang bisa dikunjungi di Taman Pintar kini mencapai 50 wahana.

Sejak awal pekan, Yunianto mengatakan, jumlah kunjungan ke Taman Pintar sudah menunjukkan kecenderungan peningkatan hingga dua kali lipat dibanding hari biasa yaitu sekitar 1.000 hingga 2.000 pengunjung.

"Pada Selasa [12/5/2015] jumlah pengunjung tercatat sebanyak 4.587 orang. Saat libur panjang akhir pekan, kunjungan akan didominasi oleh keluarga," katanya.

Ia mengaku tidak dapat memperkirakan jumlah kunjungan pada saat libur panjang akhir pekan, namun jumlah wisatawan tidak akan sebanyak saat libur panjang sekolah.

Sementara itu, Manajer Marketing Gembira Loka Zoo Joseph Kurniawan memperkirakan tempat wisata itu akan dikunjungi sekitar 30.000 wisatawan selama libur panjang akhir pekan.

"Sudah ada kenaikan jumlah pengunjung sejak sepekan ini. Jika dibanding hari biasa, kenaikan jumlah pengunjung sudah mencapai 100 persen," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BKKBN-TNI AD Kolaborasi Membangun Sumber Air Bersih Guna Turunkan Stunting

News
| Kamis, 25 April 2024, 18:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement