WISATA KULONPROGO : Paket Wisata Curug Unggulan Girimulyo

Curug Setawing salah satu potensi wisata yang diunggulkan di Kecamatan Girimulyo. Foto belum lama ini. (JIBI/Harian Jogja - Holy Kartika N.S.)
21 Mei 2015 23:20 WIB Kulonprogo Share :

Wisata Kulonprogo menawarkan paket wisata air terjun di Girimulyo.

Harianjogja.com, KULONPROGO - Potensi wisata curug atau air terjun di wilayah Kecamatan Girimulyo menjadi salah satu sumber retribusi wista baru bagi Kulonprogo. Pemaketan wisata akan segera dibuat untuk mengenalkan potensi yang ada.

Kasi Objek dan Sarana Prasarana Pariwisata Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Dinbudparpora) Kulonprogo Kuat Tri Utomo mengatakan, Perda Retribusi Tempat Wisata dan Olahraga telah disahkan DPRD Kulonprogo. Dalam perda tersebut mencantumkan potensi-potensi wisata baru yang dapat berkontribusi terhadap pemasukan daerah.

"Sekarang potensi curug atau air terjun semakin bermunculan. Objek wisata ini juga menjadi salah satu potensi retribusi baru sesuai dalam perda itu," ujar Kuat saat dihubungi Harianjogja.com, Rabu (20/5/2015).

Kuat mengungkapkan, selain objek wisata air terjun, wisata puncak seperti Puncak Suroloyo akan menjadi potensi retribusi baru bagi Kulonprogo.

Daya tarik wisata alam perkebunan teh tersebut mampu menjadi magnet bagi para pengunjung dari berbagai daerah. Kuat menjelaskan, selama ini pengelolaan masuk ke wisata tersebut masih dikelola oleh masyarakat.

"Maka dari itu, kami akan mencoba mengembangkannya. Banyak wisata curug yang selama ini juga masih dipungut secara sukarela," kata Kuat.

Terkait wisata curug yang kini mulai marak dan menjadi primadona baru, Kuat mengungkapkan, pihaknya telah mengkomunikasikan dengan masyarakat di sekitar kawasan wisata. Dia mengatakan, jika ada tanah warga yang berada kawasan objek wisata sebisa mungkin segera diurus.

"Untuk menghindari konflik kepentingan, maka harus dibuat surat pernyataan di atas materai. Bila perlu, pemda siap membeli tanah itu," papar Kuat.

Pengelola Desa Wisata Grojogan Sewu Pardi Sulung Atmoko menambahkan, pemaketan wisata akan segera dilakukan. Pengembangan juga akan dilakukan dengan pembangunan homestay untuk dapat memberikan pelayanan lebih bagi pengunjung.

Pardi mengakui, komunikasi dan kordinasi, baik dengan desa maupun pemkab untuk membuka peluang wisata curug menjadi potensi unggulan di Girimulyo. Selain wisata Goa Kiskendo, curug atau air terjun akan turut mendorong potensi wisata lainnya yang ada di Desa Jatimulyo maupun Desa Purwosari.

"Kami akan membuat paket wisata. Terdiri dari beberapa curug yang ada di sini. Di antaranya Curug Setawing, Kedung Pedut, Grojogan Sewu, Curug Mudal dan Curug Kembangsoko," jelas Pardi.