SABDA RAJA JOGJA : Gusti Prabu Benarkan Kraton Tak Miliki Dewan Keluarga

Gusti Bendoro Pangeran Haryo (GBPH) Prabukusumo (JIBI/Harian Jogja - Ujang Hasanudin)
23 Mei 2015 13:20 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

Sabda Raja Jogja, HB X menyebut Kraton tidak memiliki Dewan Keluarga. Pendapat senada juga disampaikan GBPH Prabukusumo.

Harianjogja.com, JOGJA-Meski tengah bersitegang, tetapi adik Sultan HB X, GBPH Prabukusumo, juga menyatakan hal yang sama seperti Sultan HB X. Menurut dia, selama ini tidak ada Dewan Saudara dalam Kraton Ngayogyakarta. Tradisi yang ada, lebih dikenal sebagai rapat keluarga.

“Baru mau dibentuk,” katanya melalui pesan singkat.

Akan tetapi, ujar dia, pengangkatan HB X dipengaruhi rapat keluarga. Menurut dia, Sultan HB IX tidak menentukan siapa penggantinya, kemudian semua putra-putri HB IX menggelar rapat keluarga dan menunjuk Raja.

Kamis (21/5/2015), seusai bertemu dengan Sultan di Gedung Jene, Kompleks Kraton, GBPH Hadisuryo mengatakan dirinya telah diminta Sultan untuk menjembatani perbedaan pendapat soal Sabda Raja dan Dawuh Raja dengan putra-putri HB IX. Dia berencana mengumpulkan Dewan Saudara untuk mencari solusi terbaik atas persoalan itu. Keturunan HB IX meliputi Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Hadiwinoto, GBPH Hadisuryo, GBPH Prabukusumo, GBPH Yudhaningrat, GBPH Cakraningrat, GBPH Condroningrat, GBPH Hadinegoro, GBPH Suryametaram, GBPH Suryonegoro, GBPH Pakuningrat, Gusti Bendoro Raden Ayu (GBRAy) Murdokusumo, GBRAy Padmokusumo, GBRAy Riakusumo, dan GBRAy Darnokusumo.

Hadisuryo menambahkan, meski terjadi perbedaan pendapat antara Sultan dengan adik-adiknya, ia
tetap akan mengedepankan persaudaraan. Ia juga mengharapkan semua adik-adik HB X tetap solid.