HARIAN JOGJA HARI INI : Penyusup Masuk Kraton

29 Mei 2015 11:01 WIB Jogja Share :

Harian Jogja edisi Jumat (29/5/2015)

Penyusup Masuk Kraton
JOGJA—Kerabat Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat dari berbagai daerah berkumpul di Jogja, Kamis (28/5) malam.
Mereka menggelar pertemuan di kediaman Gusti Bendoro Pangeran Haryo (GBPH) Yudhaningrat untuk menyikapi Sabda Raja dan Dawuh Raja yang dikeluarkan Sri Sultan HB X.
Ada sekitar 40 orang yang berkumpul di Ndalem Yudhanegaran.

5 Pendaki Tersesat di Merbabu
BOYOLALI—Lima pendaki dari Unit Bantu Pertolongan Pramuka (Ubaloka) dikabarkan tersesat di Gunung Merbabu, Kamis (28/5) malam.
Dari informasi yang dihimpun Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI) kelima pendaki anggota Ubaloka yang tersesat tersebut adalah Risky, Mugni, Ahmad, Danang, dan Wahyu. Mereka berasal dari Simo, Boyolali.  Kelimanya naik ke Merbabu sejak Rabu (27/5) malam sekitar pukul 19.05 WIB.

9 Tahun Masih Muncrat
SIDOARJO - Menginjak sembilan tahun, semburan lumpur panas Lapindo di Sidoarjo yang menenggelamkan pemukiman, pertanian dan perindustrian itu, masih aktif muncrat dari perut bumi.

Buka Mata : Menerima Auman Semesta
Video klip dari seluruh dunia merekam terjadinya sudra "terompet" yang disebut-sebut datang dari langit. Perdebatan merembet ke teori-teori dan spekulasi, bahkan dikaitkan dengan sangkakala dalam kitab suci sebagai tanda akhir zaman.

Gaji di bawah Rp3 Juta Tak Kena Pajak
JAKARTA–Penghasilan di bawah Rp3 juta bakal tak dikenai pajak lagi. Kebijakan ini dikeluarkan oleh Kementerian Keuangan yang akan menaikkan batas penghasilan tidak kena pajak (PTKP) mulai tahun pajak 2015.

Tim Dibentuk Setelah Lebaran
SLEMAN- Manajemen PSS Sleman memastikan membentuk skuat baru yang akan berlaga di kompetisi Divisi Utama musim depan seusai Lebaran.

Tiket Arus Balik dari Jogja Ludes
JOGJA-Tiket arus balik kereta api dari Daops VI Jogja ke Jakarta, Bandung, dan Banyuwangi ludes terjual. Sebaliknya, tiket mudik justru melimpah.
Hal itu diungkapkan Manajer Pemasaran Angkutan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daops VI Jogja Sigit Irawanta, Kamis (28/5).

Kebocoran Retribusi Parkir Mulai Terungkap
BANTUL—Keluhan pedagang Pasar Piyungan terhadap penarikan retribusi parkir seperti membuka kran dugaan bocornya kontribusi retribusi parkir terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bantul. Terbukti, pendapatan pajak parkir di seluruh titik se-Bantul pada 2014 hanya Rp72 juta. Padahal, retribusi parkir di kawasan khusus dan pinggir jalan masing-masing mencapai Rp79 juta dan Rp19 juta.

Dewan Soroti Satpol PP
WATES— Penegakan peraturan daerah yang dilakukan Satuan Polisi Pamong Praja mendapat sorotan tajam kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kulonprogo. Yakni soal penegakan perda untuk tambak udang tak berizin.

Kado Pahit Ulang Tahun
WONOSARI—Baru saja merayakan ulang tahun ke-184, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul sudah mendapat kado pahit.
Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksaan Keuangan menyebutkan Gunungkidul mendapatkan predikat Wajar Dengan Pengecualian untuk laporan keuangan tahun anggaran 2013/2014.

Demi Bertemu Anak, Mantan Mertua Dibunuh
SLEMAN—Kasus pembunuhan terhadap Samirah, 76, warga RT05/RW36, Dusun Sembung Pelem, Desa Purwobinangun, Kecamatan Pakem, yang terjadi 12 Mei 2015, akhirnya terungkap. Kamis (28/5) pagi, polisi meringkus Nur Kusno, 45,
yang tak lain merupakan mantan menantu korban, sebagai pelaku pembunuhan. Nur ditangkap di sekitar pabrik gula Madukismo, Kasihan, Bantul.

Spanyol Kelima
WARSAWA- Sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Peribahasa tersebut sangat relevan dengan pencapaian Sevilla seusai menjuarai Liga Europa musim ini.

Siap-siap Pilih Jagoan di Teen Choice Awards
Acara Teen Choice Awards 2015 (TCA) baru dihelat 16 Agustus mendatang. Namun, kemeriahannya mulai terasa sejak Kamis (28/5). Sederet kategori penghargaan yang dirilis amis kemarinmemanik hype di media sosial.

Rusia Tumpuk Pasukan di Perbatasan Ukraina
KIEV- Kekuatan militer tanpa identitas lengkap dengan senjata dilaporkan berkumpul di sebuat pangkalan sementara di dekat perbatasan dengan Ukraina.

Lebih lengkap Anda dapat membaca Harian Jogja dalam versi cetak. Dapatkan Harian Jogja dengan harga Rp3.000 di agen terdekat.
Selamat membaca. Harian Jogja, Berbudaya, Membangun Kemandirian.