MUDIK LEBARAN 2015 : Sultan Larang Kepatihan Jadi Lahan Parkir

11 Juli 2015 18:22 WIB Jogja Share :

Mudik Lebaran 2015 bagi pemudik yang ingin mencari lahan parkir, halaman Dinas Pariwisata dapat dipergunakan.

Harianjogja.com, JOGJA-Gubernur DIY Sri Sultan HB X melarang kompleks Kepatihan digunakan sebagai tempat parkir alternatif pengunjung Malioboro saat liburan Lebaran.

Sultan mengatakan banyak dokumen penting administrasi pemerintahan di Kepatihan. Selain itu juga kantor tersebut akan kosong karena mulai 16-22 Juli, pengawai negeri sipil (PNS) libur dan cuti bersama.

Namun demikian, Sultan mengizinkan petugas keamanan lebaran untuk parkir di Kepatihan, seperti kendaraan polisi, TNI, Satpol PP. “Daripada di badan jalan, mending [kendaraan] dimasukkan,” ujar dia di Kepatihan, Jumat.

Sultan juga menyarankan penggunaan halaman kantor Dinas Pariwisata DIY sebagai tempat parkir sementara ketika Malioboro sangat padat.

Direktur Lalu Lintas Polda DIY Kombes Tulus Ikhlas Pamoji mengatakan arus lalu lintas selama lebaran dipantau melalui 16 CCTV di DIY selama 24 jam. Pemudik bisa memantau kemacetan pada CCTV secara online melalui Android yang telah diinstal dari Regional Traffic Management Center (RTMC).