MUDIK LEBARAN 2015 : 33 Pilot dan Kopilot Dites Urin

15 Juli 2015 00:20 WIB Sunartono Sleman Share :

Mudik Lebaran 2015, pemeriksaan rutin untuk tes urin bagi pilot dan kopilot dilakukan.

Harianjogja.com, SLEMAN - Badan Narkotika Nasional Propinsi (BNNP) DIY melakukan giat tes urin bagi pilot seluruh maskapai di Bandara Adisutjipto Jogja, Senin (13/7/2015). Dari 33 pilot dan kopilot yang dites, keseluruhan hasilnya negatif.

Kasi Intel Bidang Pemberantasan Kompol Siti Alfiah menjelaskan sebanyak 33 pilot dan kopilot tersebut yang kebetulan berada di area bandara Adisutjipto. Meski demikian keseluruhan hasilnya negatif. "Total 33 pilot dan kopilot hasilnya negatif semua," ungkapnya Senin (13/7/2015).

Ia menambahkan pelaksaan tes urin bagi pilot sebagai salahsatu pelayanan bagi masyarakat untuk memberikan kenyamanan bagi pemudik yang menggunakan jalur udara. Jika terdapat pilot yang terindikasi positif, maka akan direkomendasikan untuk istirahat sementara waktu. Mengingat, seseorang yang terindikasi obat berbahaya bisa berdampak bagi psikologinya. Apalagi jika tengah mengemudikan pesawat, maka hal itu sangat membahayakan.

Sebelumnya BNNP DIY menggelar tes urin bagi pilot dan kopilot pesawat komersial pada Mei 2014 silam. Dari 27 yang dites, satu diantaranya positif karena mengonsumsi obat namun dengan resep dokter.