LONGSOR KALI BUNTUNG : Talut Kali Buntung Longsor, Jalan Putus dan 3 Rumah Terancam

Kondisi talut Sungai Buntung di Kelurahan Karangwaru yang longsor pada Rabu (10/2/2016) malam. (Desi Suryanto/JIBI - Harian Jogja)
12 Februari 2016 15:19 WIB Redaksi Solopos Jogja Share :

Longsor di Kali Buntung menyebabkan jalan putus dan 3 rumah terancam

Harianjogja.com, JOGJA- Talud Sungai Buntung di Kelurahan Karangwaru yang longsor pada Rabu (10/2/2016) malam membutuhkan penanganan lanjutan agar tidak semakin membahayakan rumah warga yang ada di atasnya.

"Kami sudah mengambil tindakan awal untuk mengantisipasi kondisi daruratnya. Setelah kondisi darurat itu tertangani, maka kami mengirimkan surat ke kepala daerah untuk perbaikan selanjutnya," kata Kepala Seksi Darurat Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jogja, Bayu Wijayanto, Jumat (12/2/2016).

Talud Sungai Buntung di Blunyah Rejo RT25/RW6 Karangwaru Tegalrejo longsor sepanjang 33 meter dengan ketinggian tiga meter pada Rabu (10/2/2016) malam akibat hujan yang turun sepanjang hari.

Tidak ada korban jiwa akibat talud yang longsor, namun jalan yang dibuat dari beton di tepi sungai ikut rusak akibat talud yang berada di bawahnya longsor.

"Terdapat tiga rumah yang berada di sekitar lokasi talud yang longsor," katanya, seperti dikutip dari Antara.

Bayu mengatakan BPBD Kota Jogja dibantu TNI, relawan, dan masyarakat telah menyingkirkan sisa-sisa talud dan beton jalan yang ikut longsor agar tidak menghalangi arus air.

"Jika arus sungai terhalang maka bisa menyebabkan bencana lain, seperti luapan air sungai ke rumah warga," katanya.

Selain menyisakan retakan di tanah, talud yang longsor tersebut juga membuat tebing sungai berongga sehingga potensi longsor masih tinggi.

"Untuk penanganan sementara, tebing atau bekas longsoran talud sudah ditutupi menggunakan tumpukan karung berisi pasir. Kami bantu 300 karung dan ada tambahan bantuan dari Pemerintah DIY sebanyak 500 karung," katanya.