PENCURIAN DI KOS : Banyak Muncul Rumah Kos di Kampus Baru UNY, Waspadai Pencurian!

ilustrasi mencuri. (Hengky Irawan/JIBI - Harian Jogja)
25 Februari 2016 09:20 WIB Sekar Langit Nariswari Kulonprogo Share :

Pencurian di kos mulai terjadi di kawasan kos mahasiswa sekitar kampus baru UNY di Kulonprogo

Harianjogja.com, KULONPROGO- Pencurian yang dilakukan di indekos mahasiswa terjadi di dua dusun di Kulonprogo pada Rabu (23/2/2016). Pencurian terjadi di siang hari ketika indekos dalam keadaan kosong ditinggal pergi bekerja dan kuliah.

Aksi pencurian terjadi di Dusun Serut dan Dusun Terbah, Kecamatan Pengasih, Kulonprogo. Dari kedua indekos tersebut, barang yang hilang berupa alat elektronik antara lain laptop dan kamera digital.

Kanit Reskrim Polsek Pengasih, Ipda Suparno menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) segera setelah ada laporan pencurian.

“Kemungkinan pelaku di kedua tempat sama,” ujar Suparno.

Ini dilihat dari modus pencurian dan barang yang diambil oleh pelaku. Ia menguraikan bahwa pencurian dilakukan dengan merusak jendela indekos sebagai jalan masuk. Jendela yang telah dirusak tersebut juga dijadikan jalan keluar setelah pelaku mengacak-acak kamar. Polsek Pengasih telah memeriksa seluruh jendela di indekos terkait untuk melakukan identifikasi sidik jari yang mungkin tertinggal.

Ia menjelaskan bahwa kemungkinan besar pelaku beraksi setelah mengamati kondisi rumah yang kosong. Terlebih lagi, banyak indekos yang kini berdiri dengan kemunculan kampus Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Ia mengimbau para pemilik indekos untuk menambah pengamanan dan sebisa mungkin tidak meninggalkan rumah dalam keadaan kosong.

Oktafiana Irma, salah satu penghuni indekos di Dusun Serut menyatakan bahwa indekos yang dihuninya berada dalam keadaan kosong sejak pagi. Pasalnya, sejumlah penghuni sedang kuliah dan bekerja. Sedangkan si pemilik sedang ke Jakarta untuk urusan keluarga. Terlebih lagi, ia menjelaskan bawa indekos tersebut tidak memiliki penjaga.

Ia mennyebutkan bahwa dari delapan kamar yang ada, enam kamar telah dicongkel dan diambil barang-barangnya. “Pulang dari kampus jendelanya sudah terbuka,”ujar Irma. Ia juga menguraikan bahwa salah satu tetanga sempat mencurigai salah satu pengendara motor yang berhenti di tepi jalan. Setelah berhenti sesaat, pengendara yang dicurigai sebagai pria tersebut kemudian masuk ke indekos.