Advertisement

GERHANA MATAHARI TOTAL : Menurut Umat Hindu Ini Makna Gerhana Matahari

Ujang Hasanudin
Selasa, 08 Maret 2016 - 04:20 WIB
Mediani Dyah Natalia
GERHANA MATAHARI TOTAL : Menurut Umat Hindu Ini Makna Gerhana Matahari

Advertisement

Gerhana matahari total juga terjadi saat perayaan tawur agung.

Harianjogja.com, JOGJA-Perayaan Tawur Agung umat Hindu tahun ini bertepatan dengan fenomena alam tertutupnya matahari oleh bulan atau dikenal Gerhana Matahari yang jatuh pada Rabu (9/3/2016) pagi. Saat terjadi Gerhana Matahari, umat Hindu pun memiliki ritual khusus.

Advertisement

"Namanya upacara Bhutayadnya, sebagai persembahan untuk alam," kata Pembina Masyarakat Hindu dari Kantor Wilayah Kementrian Agama DIY, Ida Bagus Wika Krishna, Senin (7/3/2016).

Ida Bagus mengatakan dalam kepercayaan Hindu, secara metodologi, gerhana Mataharai adalah tanda bulan sedang dimakan waktu. Hal itu akan terjadi hal-hal negatif.

Maka, dalam ritualnya mendoakan Sang Hyang Candra atau dewi bulan agar segera keluar dari cengkraman dan memberikan aura positif bagi manusia.

Panitia Nyepi DIY, Wayan Ordiyasa mengatakan upacara Tawur Agung akan dipusatkan di Komplek Candi Prambanan pada 9 Maret, yang rencananya dihadiri Menteri Agama. Tema yang diangkat adalah menjunjung nilai-nilai toleransi dan keharmonisan.

"Tanpa toleransi, keharmonisan tidak akan jadi kenyataan," kata dia.

Sebelum puncak acara, pihaknya juga telah menggelar serangkaian ritual seperti Melasti di Pantai Ngobaran Gunungkidul dan di Pantai Parangkusumo Bantul dengan waktu yang berbeda, berbeda, waktu lalu.

Kemudian bakti sosial dalam bentuk pembagian sembako, pengobatan gratis, dan penanaman pohon sudah dilaksanakan di Ngawen Gunungkidul, Banguntapan Bantul, dan di Samigaluh Kulonprogo. Selain itu, lomba membuat sesajen, dan lomba foto kegiatan Nyepi juga diselenggarakan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Erupsi Marapi: Batu Hujani Rumah Warga di Agam

News
| Senin, 04 Desember 2023, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Jelang Natal Saatnya Wisata Ziarah ke Goa Maria Tritis di Gunungkidul, Ini Rute dan Sejarahnya

Wisata
| Jum'at, 01 Desember 2023, 19:12 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement