KOMPETENSI SISWA SMK : Perusahaan Internasional Jaring Lulusan di SMK Bantul

Sejumlah peserta seleksi penerimaan pegawai PT Astra Daihatsu yang bekerja sama dengan SMK Muhammadiyah 1 Bantul, saat mengikuti tes tahap pertama di Gedung kompleks perkantoran Pemda Bantul, Selasa (24/5/2016). (Yudho Priambodo/JIBI - Harian Jogja)
25 Mei 2016 20:20 WIB Bantul Share :

Kompetensi siswa SMK di Bantul dilirik perusahaan internasional

Harianjogja.com, BANTUL- Kemampuan dan kompetensi siswa SMK di Bantul yang semakin meningkat tiap tahunnya kini membuat banyak perusahaan tertarik untuk mengadakan tes penerimaan pegawai baru dengan terjun langsung di lapangan.

SMK Muhammadiyah 1 Bantul sebagai satu-satunya sekolah yang sudah menjalin kerjasama dengan PT Astra Daihatsu, mengadakan tes penerimaan bagi lulusan siswa SMK baik di DIY dan Jawa Tengah, Selasa (24/5/2016).

Kepala Dinas Pendidikan Menengah dan Non Formal (Dikmenof) Kabupaten Bantul, Masharun Ghozalie mengatakan dengan adanya rekruitmen seperti ini diharapkan akan dapat menekan angka pengangguran di Kabupaten Bantul.

Jika pada tahun sebelumnya keterserapan siswa SMK untuk berbagai perusahaan mencapai 72,8%, harapannya dengan sistem jemput bola seperti ini akan penyerapan tenaga kerja akan semakin bertambah.

“Dengan kompetensi yang dimiliki oleh siswa SMK saya yakin akan banyak yang lolos seleksi untuk perusahaan ini. Semoga ke depan akan banyak lagi perusahaan yang akan melakukan kegiatan rekruitmen pegawai dengan sistem seperti ini,” katanya, Selasa (24/5/2016).

Menurut Masharun, siswa SMK memang sudah disiapkan oleh sekolah untuk menjadi calon pekerja-pekerja muda yang terampil dan memiliki skill yang bagus.

“Saya sudah bicara dengan pihak PT Daihatsu, mengapa mereka mau melakukan rekruitmen pegawai baru di Bantul, karena menurut perusahaan tersebut banyak siswa di Bantul ini memiliki soft skill dan hard skill melebihi dari rata-rata sisa SMK di daerah lain,” paparnya.

Salah satu panitia rekruitmen dari SMK Muhammadiyah 1 Bantul, Sagiman menjelaskan pada seleksi tahap pertama ini peserta yang mendaftar mencapai 1.080 orang mereka yang mendaftar adalah siswa kelas XII SMK dan alumni SMK dari wilayah DIY dan Jateng dari semua jurusan sekolah SMK.

“Untuk peserta sendiri kami terbuka bagi semua siswa dan dari berbagai jurusan. Namun yang terbanyak mendaftar yaitu dari jurusan Teknik Kendaraan Ringan atau otomotif. Bahkan alumni SMK dari wilayah DIY dan Jawa Tengah juga bisa mendaftar. Kemudian setelah nantinya peserta dinyatakan lolos seleksi tahap satu maka mereka akan mengikuti tes selanjutnya yakni wawancara, tes fisik, dan tes kesehatan,” kata Sagiman.

Karena SMK Muhammadiyah 1 Bantul ditunjuk sebagai panitia penerimaan pegawai, maka semua seleksi ini dilakukan di lingkungan sekolah ini.

“Karena kita sudah ditunjuk dan bekerja sama, maka semua seleksi akan dilakukan di sini [SMK Muhammadiyah 1 Bantul],” tegasnya.