Advertisement

LAYANAN SAMSAT SLEMAN : Samsat Pembantu di Maguwoharjo Layani Pengesahan STNK Lima Tahunan

Kamis, 26 Mei 2016 - 13:51 WIB
Nina Atmasari
LAYANAN SAMSAT SLEMAN : Samsat Pembantu di Maguwoharjo Layani Pengesahan STNK Lima Tahunan ANTRE PAJAK KENDARAANWarga antre mengurus pajak kendaraan bermotor di Kantor Satuan Administrasi Satu Atap (Samsat) Solo, Selasa (13 - 8). Pasca libur Lebaran, rutin terjadi lonjakan pemohon pajak.

Advertisement

Layanan Samsat Sleman di kantor pembantu Maguwoharjo melayani pengesahan STNK lima tahunan

Harianjogja.com, SLEMAN- Gebrakan layanan yang dilakukan Kantor Pelayanan Pajak Daerah (KPPD) Provinsi DIY di Samsat Pembantu Maguwoharjo, Depok, Sleman masuk dalam Top 99 Inovasi Layanan Terbaik 2016. Selain memangkas jarak tempuh dan lama waktu pelayanan, KPPD DIY juga dinilai mampu mendekatkan layanan kepada masyarakat.

Advertisement

Kepala KPPD DIY di Sleman Rusmaji mengatakan, penerimaan penghargaan bergengsi TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN RB) tersebut dilakukan di Surabaya, Jawa Timur, Maret lalu. Pelayanan di Samsat Pembantu Maguwoharjo, katanya, mampu menyisihkan ribuan pelayanan lainnya yang diajukan oleh 2.470 instansi.

Dia menjelaskan, terobosan KPPD DIY tersebut mengantarkan Samsat Pembantu Maguwoharjo masuk 99 Top Inovasi Pelayanan Publik. Bahkan, saat ini kebijakan yang dilakukan sejak 2014 lalu itu masuk dalam 35 besar pelayanan terbaik.

"Prestasi itu kami raih karena layanan di Samsat Pembantu Maguwoharjo, berupa proses pengesahan STNK lima tahunan itu dinilai inovatif. Layanan ini mampu mendekatkan kami ke masyarakat," katanya, Selasa (24/5/2016) di ruang kerjanya.

Dia memaparkan, Kemen PAN RB menilai kebijakan yang dijalankan itu merupakan inovasi dalam pelayanan publik. Pasalnya, kantor Samsat Pembantu biasanya hanya melayani perpanjangan STNK tahunan dan bukan lima tahunan.

"Pelayanan ini kami ambil sebagai bagian dari reformasi biroksi. Sebab, layanan ini mempermudah masyarakat, terutama bagi mereka yang tinggal jauh dari Kantor Samsat Induk di Sleman," jelas Rusmaji.

Dengan memberikan hak pengurusan STNK lima tahunan kepada Samsat Pembantu Maguwoharjo, katanya, hal itu juga mampu mengurangi kepadatan (over load) pelayanan di Samsat Induk yang terletak di Jalan Magelang Km 12,5.

"Samsat Pembantu Maguharjo dapat melayani warga yang bedomisili di kecamatan, Depok, Berbah, Prambanan, Kalasan, Ngemplak dan Cangkringan.? Ini jelas dapat memangkas jarak belasan kilometer dari tempat tinggal warga," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement