PENDIDIKAN ANAK : Belajar Animasi Bersama Kreator Uwa and Friends

Aktivitas anak-anak di Hicca Kids Animation beberapa waktu lalu. (JIBI/Harian Jogja - dok. Hica)
29 Mei 2016 03:20 WIB Kusnul Isti Qomah Jogja Share :

Pendidikan anak mengenai animasi.

Harianjogja.com, JOGJA -- Hicca Studio menghadirkan Hicca Kids Animation untuk menjadi wadah eksplorasi imajinasi kreatif anak-anak menjadi kegiatan yang positif dan bermanfaat.

Founder Hicca Studio Bayu Sulistyo S mengatakan, berprofesi menjadi dokter dan pilot adalah impian tiap anak Indonesia, walaupun menggambar adalah kegemaran utama mereka. Sebuah gambar yang diolah pikiran anak, menjadi karya imajinasi yang tak terbatas adalah fitrah anak pada umumnya.

"Adakah orangtua yang mengenalkan tentang cita-cita menjadi sutradara atau memiliki impian sebagai pemilik studio animasi?" ujar dia, Jumat (27/5/2016).

Ia mengatakan, berawal dari pengalaman masa kecilnya yang minim informasi tentang dunia animasi, kemudian muncul inisiatif membuka kelas belajar animasi di sebuah sanggar bernama Hicca Kids Animation. Sanggar ini telah diresmikan pada tanggal 2 Mei 2016.

Hicca Kids Animation menjadi wadah eksplorasi imajinasi kreatif anak-anak menjadi kegiatan yang positif dan bermanfaat, seperti halnya pemanfaatan gadget dengan tepat. Tujuannya, setiap anak mampu menghidupkan imajinasi kreatif mereka menjadi sebuah karya animasi.

Hicca Kids Animation bersanggar di Jalan Amat Wahid 47, Pelem Kidul, Baturetno, Banguntapan, Bantul 55197. Sanggar ini memulai kelas belajar animasi untuk anak usia empat tahun sampai 12 tahun.

Materi yang diajarkan dalam kelas ini adalah menggambar, story telling, dan dan animasi. Mereka didampingi oleh mentor yang merupakan animator professional dari Hicca Studio, pembuat serial animasi uwa and friends.

Proses mengajar dilakukan semi private menyesuaikan kemampuan masing-masing anak, dipandu oleh para mentor yang sebelumnya telah belajar tentang karakter anak dan tipe belajar anak. Tidak ada kurikulum baku di sini. Jika dirasa anak mampu untuk memulai mengerjakan animasi, mentor akan melakukan pendampingan setiap langkah yang dilakukan.

Public Relation Emilia puspita asih mengungkapkan, sanggar Hicca Kids Animation bersifat regular setiap hari Senin sampai dengan Jumat, dengan pilihan jam belajar pukul 13.00 WIB, 15.00 WIB, dan 17.00 WIB. Pertemuan diadakan satu minggu sekali selama 90 menit. Biaya pendaftaran sebesar Rp150.000 yang digunakan untuk dana cetak ID card, t-tshirt, perlengkapan, dan buku sketsa. Biaya bulanan adalah Rp250.000 sebagai penunjang operasional dan peralatan.

Sebelum pendaftaran kelas belajar animasi, setiap anak wajib mengikuti trial yang digunakan sebagai penjajakan minat, bakat, dan kemampuan anak di bidang animasi untuk pengarahan proses belajar animasi yang akan dilaksanakan.

Pendaftaran dilakukan secara online mengisi form di animation.hiccakids.com atau dapat datang langsung ke kantor Hicca Kids Animation.