Advertisement

INFRASTRUKTUR JOGJA : Musim Hujan, Sejumlah Ruas Jalan Ini Rawan Tergenang

Redaksi Solopos
Minggu, 02 Oktober 2016 - 14:52 WIB
Nina Atmasari
INFRASTRUKTUR JOGJA : Musim Hujan, Sejumlah Ruas Jalan Ini Rawan Tergenang Ilustrasi mengemudi saat hujan (Howstuffworks.com)

Advertisement

Infrastruktur Jogja rawan tergenang di musim hujan

 

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Sejumlah ruas jalan di Kota Jogja masih rawan mengalami genangan saat hujan, bahkan di beberapa lokasi memiliki genangan yang cukup dalam.

Salah satu ruas jalan yang mengalami genangan cukup dalam yaitu di Jalan Kusumanegara khususnya di sekitar Taman Makam Pahlawan Kusumanegara.

"Genangan di lokasi tersebut bisa mencapai lebih dari 20 centimeter [cm]," kata Kepala Bidang Drainase dan Pengairan Dinas Permukiman dan Prasarana Wilayah (Kimpraswil) Kota Jogja, Aki Lukman, Sabtu (1/10/2016).

Menurut dia, kondisi rawan genangan air di lokasi tersebut karena petugas dari Dinas Permukiman dan Prasarana Wilayah Kota Jogja belum sempat melakukan pembersihan saluran air hujan dari sisa-sisa sampah dan endapan tanah.

Selain di ruas Jalan Kusumanegara, lokasi lain yang kerap tergenang saat hujan adalah di sekitar Stadion Mandala Krida, sekitar Terban, Jalan Bantul hingga Jalan Magelang.

Upaya lain yang dilakukan Dinas Permukiman dan Prasarana Wilayah untuk mengurangi titik genangan adalah dengan memperbanyak "inlet" atau tempat masuknya air ke saluran air dan memperbanyak bak kontrol.

"Kami juga terus melakukan perbaikan saluran air hujan dan melengkapi ruas jalan yang belum memiliki saluran air hujan agar air tidak mengalir ke jalan saat hujan," katanya, seperti dikutip dari Antara.

Salah satu pekerjaan perbaikan saluran air hujan yang kini sedang ditangani oleh Dinas Permukiman dan Prasarana Wilayah Kota Jogja adalah saluran drainase di Jalan Ipda Tut Harsono.

"Kami harapkan, perbaikan saluran air hujan ini membantu mengurangi genangan yang ada di ruas jalan tersebut," kata Aki yang berusaha mengurangi dua hingga tiga titik genangan setiap tahunnya.

Hingga akhir 2015, Dinas Permukiman dan Prasarana Wilayah Kota Jogja mencatat sekitar 35 titik genangan yang tersebar di berbagai lokasi dengan potensi genangan sekitar 10 hektare dari total luas wilayah Kota Jogja 32,5 kilometer persegi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement