PENATAAN STASIUN TUGU : Direlokasi ke Lempuyangan, Pedagang Minta Jaminan

03 Oktober 2016 11:21 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

Penataan Stasiun Tgu dilakukan salah satunya dengan relokasi pedagang

Harianjogja.com, JOGJA -PT.Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional 6 Jogja memastikan pedagang di sepanjang Jalan Pasar Kembang yang terdampak penataan Stasiun Tugu akan direlokasi ke Jalan Lempuyangan. Namun, pedagang belum mau pindah sebelum ada jaminan dari Pemerintah Kota Jogja.

"Tergantung MoU [memorandum of understanding] nya nanti dengan Pemkot bagaimana," kata Ketua Paguyuban Pedagang Jalan Pasar Kembang 'Manunggal Karso, Rudi Tri Purnama saat dihubungi, Senin (3/10/2016) lalu.

Rudi mengaku sampai kemarin belum ada pemberitahuan secara resmi dari Pemerintah Kota Jogja soal relokasi ke Jalan Lempuyangan. Dia tidak mempersoalkan jika dipindah sementara ke lokasi lain asalkan ada jaminan bisa dikembalikan ke lokas semua setelah selesai penataan nanti.

"Jangan sampai nanti setelah kami pindah sementara, lahan kami ditempati orang lain," ujar Rudi.

Sekretaris Paguyuban Pedagang Jalan Pasar Kembang, Efrion menyatakan selama belum ada jaminan dari Pemerintah Kota Jogja, pedagang akan tetap bertahan karena merasa sebagai pedagang resmi dibawah naungan Dinas Pengelolan Pasar dan rutin dengan bukti kartu bukti pedagang (KBP).

Efrion meminta Pemerintah Kota Jogja tidak diam saja dengan kondisi yang tengah dihadapi pedagang karena selama ini pedagang rutin membayar retribusi ke Dinas Pengelolan Pasar.

"Sampai bulan September kemarin kami masih bayar retribusi, bulan ini juga kami harus bayar," ujar Efrion.