PILKADA KULONPROGO : Rambut Paslon Dikirim ke Jakarta

Zuhadmono Azhari dan BRAy Iriani Pramastuti tengah melakukan tes kesehatan (Sekar Langit Nariwari/JIBI - Harian Jogja)
04 Oktober 2016 00:20 WIB Sekar Langit Nariswari Kulonprogo Share :

Pilkada Kulonprogo, balon jalani pemeriksaan kesehatan

Harianjogja.com, KULONPROGO-- Dua pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati Kulonprogo , Hasto Wardoyo - Sutedjo dan Zuhadmono - BRay Iriani Pamastuti menjalani pemeriksaan kesehatan tahap pertama di RSUD Wates pada Senin (3/10/2016). Dalam pemeriksaan tersebut, rambut tiap paslon sedianya akan dikirim dan diperiksa di Jakarta oleh BNN.

Dua paslon tersebut menjalani pemeriksaan darah, urine, dan rambut dan dilanjutkan dengan rontgen dan tes psikologi secara bergantian. Lies Indriyati, Direktur RSUD Wates mengatakan bahwa pemeriksaan tahun ini memang berbeda dari biasanya.

“Melibatkan tiga tim berbeda yakni tim IDI [Ikatan Dokter Indonesia], BNN, dan psikolog,”jelasnya ketika pemeriksaan berlangsung.

Adapun, sampel urine dan darah paslon akan diperiksa di RSUD Wates. Sedangkan sampel rambut akan diperiksa di Jakarta dengan alasan keterbatasan alat. Rambut paslon akan dibawa oleh 1 petugas BNN yang akan mengantar langsung dan kembali lagi ke Kulonprogo. Hasil tes tersebut akan diserahkan kembali ke KPU Kulonprogo pada Rabu (5/10/2016). Untuk calon perempuan, ditambahkan pula pemeriksaan kandungan selain pemeriksaan mata, gigi, jantung, dan THT yang juga dilakukan calon laki-laki.