Awak Pesawat di Bandara Adisutjipto Tiba-tiba Dites Narkoba

Suasana saat Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) melakukan sidak bagi awak pesawat yang mendarat di Bandara Adisutjipto, Kamis (6/10/2016). (Yudho Priambodo/JIBI - Harian Jogja)
06 Oktober 2016 12:22 WIB Sleman Share :

Awak pesawat di Bandara Adisutjipto disidak

Harianjogja.com, SLEMAN- Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) lakukan sidak bagi awak pesawat yang mendarat di Bandara Adisutjipto, Kamis (6/10/2016). Tes narkoba tersebut dilakukan untuk menjamin keamanan penumpang pesawat dan mengantisipasi adanya peredaran narkoba melalui jalur udara.

"Ini dilakukan secara mendadak supaya tidak ada persiapan dari para awak pesawat baik pilot, co pilot, pramugari dan pramugara. Sampai siang ini dari 50 awak pesawat yang diperiksa semuanya negatif menggunakan narkoba," kata Kabid Brantas BNNP DIY AKBP AKBP Mujiyana, disela-sela menggelar sidak, Kamis (6/10/2016).

Dikatakannya dalam tes kali ini BNNP DIY menggunakan empat indikator dalam pemeriksaan. Dari indikator tersebut digunakan untuk mengetahui pemakaian sabu, ganja, heroin, dan narkotika.

Mujiyana menambahkan pemeriksaan sidak ini akan dilakukan secara rutin namun tidak terjadwal. "Akan rutin dilakukan tapi waktunya tidak akan dijadwal, supaya tidak ada persiapan dari para awak pesawat," tandasnya.