Kustomfest 2016, Ajang Anak Muda Meneruskan Legenda

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X didampingi Director Kustomfest, Lulut Wahyudi melihat deretan kreasi motor kustom pada pembukaan Kustomfest 2016 "Reborn Legend" di Gedung Jogja Expo Center, Banguntapan, Bantul, DI. Yogyakarta, Sabtu (08/10/2016). (JIBI/Harian Jogja - Desi Suryanto)
08 Oktober 2016 18:51 WIB Irwan A Syambudi Bantul Share :

Kustomfest 2016 dibuka secara resmi oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X pada Sabtu (8/10/2016).

Harianjogja.com, BANTUL—Perhelatan Indonesian Kustom Kulture Festival (Kustomfest) 2016 yang diikuti ratusan peserta dibuka secara resmi oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X pada Sabtu (8/10/2016).

Kustom yang telah menjadi salah satu industri kreatif diharap bisa memimpin di tingkat global, terutama di Jogja yang dinilai sebagai tempat anak-anak muda kreatif.

Menurut Sultan, “Reborn Legend” tema yang diusung dalam penyelengaraan Kumtomfest ke lima dinilai sesuai dengan semangat Jogja, karena menurutnya Jogja merupakan tempat legenda-legenda berasal.

“Jogja punya banyak legenda dan juga produk kreatif. Di Kustomfest ini saya melihat telah jadi tempat yang paling tepat untuk anak muda bekerjasama, kreatif, kerja keras, menatap masa depan dengan kreativitas. Kreativitas lokal harus leading menuju tingkat global, agar legenda ini dapat diteruskan pada jamannya,” ujarnya.

Sementara itu Direktur Kustomfes 2016 Lulut Wahyudi mengungkapkan Kustomfest 2016 kali ini diikuti sebanyak 109 kontestan pada ajang kompetisi kategori kustom bike show, sementara kategori hot road and kustom car show diikuti sedikitnya 21 mobil.

Kata Lulut jumlah tersebut merupakan hasil dari seleksi yang ketat, dia menyebut terdapat sekitar 146 peserta yang tidak lolos dalam proses seleksi.

Selain kontes kustom mobil dan motor, Kustomfest 2016 yang diadakan di Jogja Expo Center (JEC), Desa Wonocatur, Kecamatan Bangutapan, Bantul pada Sabtu (8/10/2016) dan Minggu (9/10/2016) itu juga diisi beragam acara.

Di antaranya, acara itu seperti kustom paint battle, kustom art and clasic Island, vendor booth, body art show, BMX kontest, kustom bicycle and pedal car, junkyard festival, diecast show, stunt rider show, pinstripe carnival, helmet kustom paint kontest, music stage, photo kontest, kustom kulture foodfest.

"Ada juga penampilan band legendaris Indonesia yaitu God Bless yang akan menjadi salah satu pengisi acara musik bersama dengan Ras Muhamad, The Sleting Down, Down For Life, Suicidal Sinatra dan lebih dari 25 band lainnya," tandasnya.